Peringati Sumpah Pemuda, Bupati Cianjur: Pemuda Penggerak Ekonomi Bangsa

Bupati Cianjur saat menjadi pemimpin upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar upacara bersama sejumlah OPD dan para organisasi kepemudaan (OKP) di lapangan upacara Pendopo, Kamis (28/10/2021).

Dalam peringatan kali ini, pemerintah mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Kesempatan itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan bahwa tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda, bangsa Indonesia optimis dapat bangkit dan maju.

“Kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujarnya, Kamis (28/10).

Selain itu, Herman menyampaikan bahwa pencapaian penanganan Covid-19 ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian pemuda dalam mensejahterahkan diri.

“Jadi dengan penanganan yang maksimal dari semua pihak tentu dapat memberikan dampak pada kesejahteraan bangsa Indonesia secara keseluruhan, terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segmen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19 ini,” tuturnya.

Herman menegaskan, dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda dan percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda.

“Dalam hal ini baik penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi,” pungkasnya.

(dan)