Harga Tes PCR Cianjur Rp450 Ribu

DETEKSI SEJAK DINI: Tenaga pengajar dan staf di SMANSA Cianjur melaksanakan tes PCR sebagai langkah antisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan di lingkungan sekolah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Harga Tes polymerase Chain Reaction (PCR) di Kabupaten Cianjur masih tergolong mahal dan bertahan di angka Rp 450 ribu.

Padahal sudah ada instruksi dari Pemerintah agar harga tes PCR harus lebih murah dari sebelumnya.

Hal tersebut di sampaikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan kembali menurunkan batas biaya tertinggi tes polymerase chain reaction (PCR).

Batas biaya tertinggi tes PCR di Jawa-Bali Rp 275.000 dan Rp 300.000 untuk daerah di luar dua pulau itu. Ketentuan ini berlaku mulai Rabu (27/10/2021).

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, bagi masyarakat yang terindikasi Covid-19 biasanya diberikan tes PCR secara gratis.

“Tapi kalau untuk kepentingan perjalanan itu dikenakan tarif, dengan harga yang sudah ditentukan. Tapi, bukan harga terbaru, tapi yang lama seharaga Rp450 ribu,”katanya.

Yusman menjelaskan, hingga kini belum ada surat tertulis dari pemerintah pusat. Sehingga, pihaknya belum mengeluarkan edaran untuk menurunkan harga tes PCR.

“Baru rapat teknis saja, beum ada keputusan resmi, masih pembahasan. Kita menunggu SK dari kementerian,”terangnya.

Sementara itu Bupati Cianjur H Herman Suherman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan menggratiskan tes PCR untuk kepentingan sosial.

“Tapi, kalau untuk kepentingan bisnis, itu dikenakan harga yang standar,”pungkasnya. (byu)