Mendag: Indonesia Akan Gelar National Day di World Expo 2020 Dubai

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi saat meresmikan pembukaan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai yang diselenggarakan pada 1 Oktober 2021–31 Maret 2022. Indonesia akan menggelar National Day di perhelatan internasional Expo 2020 Dubai, Kamis (4/11) yang juga akan dihadiri Presiden Republik Indonesia (RI) Ir H. Joko Widodo. Foto: Biro Humas Kemendag

RADARCIANJUR.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan Indonesia akan menggelar National Day di perhelatan internasional Expo 2020 Dubai yang juga akan dihadiri Presiden Republik Indonesia (RI) Ir H. Joko Widodo. Kehadiran Presiden pada acara yang diselenggarakan 4 November 2021 di Al Wasl Plaza itu memperkuat partisipasi Indonesia dalam pameran berskala global ini sekaligus bagian rangkaian peran aktif Indonesia terhadap upaya tanggap krisis perubahan iklim lewat Konferensi Para Pihak Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26) yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia, hingga persiapan sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun 2022 mendatang.

“Kehadiran Presiden Jokowi bersama dengan beberapa Menteri terkait di ajang National Day sekaligus menjadi komitmen nyata pemerintah dalam menjaga hubungan baik dengan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai penyelenggara Expo 2020 Dubai dan mitra penting Indonesia di Timur Tengah. Selain itu, kunjungan Presiden sekaligus meneruskan diplomasi hubungan bilateral dalam Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUEA-CEPA), di mana memberi kesempatan besar bagi Indonesia untuk mendapat sorotan potensi yang lebih luas dan menjanjikan di mata dunia,” ujar Mendag Lutfi.

Disebutkan pula bahwa Presiden RI akan ditemani oleh Penguasa de facto Uni Emirat Arab, Pangeran Mohammed bin Zayed, untuk menyaksikan langsung kemilau pesona Indonesia di Timur Tengah. Bersamaan dengannya, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan turut meluncurkan sebuah inisiatif bertajuk Indonesia Spice Up The World, guna mengenalkan kekayaan rempah lokal ke dunia dan membuka peluang perdagangan hingga ke kancah global.

Sementara itu, mengusung konsep “Land of Diversity”, parade National Day Indonesia akan menggambarkan sejarah kekayaan budaya Tanah Air di masa lalu, seraya mengenalkan potensi dan peluang keterbukaan Indonesia kepada dunia saat ini, serta kesiapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Semuanya dirangkum dalam pertunjukkan seni dan budaya spektakuler yang dimeriahkan oleh para penampil terbaik Tanah Air, termasuk di antaranya penyanyi muda Tanah Air, Lyodra Ginting.

Melalui National Day, perhatian dunia akan tertuju pada betapa kaya dan beragamnya potensi Tanah Air. Hal tersebut membuka kesempatan lebih luas bagi banyak pihak untuk menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata. Selain itu, National Day juga ditargetkan dapat menjaring lebih banyak audiens untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia, yang merupakan jendela dunia dalam menyelami potensi Indonesia secara lebih mendalam. Menargetkan kunjungan hingga 2,5 juta orang, atau total 10 persen dari total pengunjung Expo, Paviliun Indonesia akan menyajikan 26 tema mingguan, lebih dari 75 forum bisnis, serta 300-an jenis produk UMKM siap ekspor.

National Day Indonesia akan berlangsung di Al Wasl Plaza, World Expo 2020 Dubai pada 4 November 2021, mulai pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 21.00 WIB.(ars)