5 Kiat Jitu Berhenti Merokok Meski Sudah Kecanduan

RADARCIANJUR.com – Kiat jitu berhenti merokok meski sudah kecanduan – Bagi Anda yang menyukai menghisap rokok, tentu sudah tahu apa bahaya dari nikotin, namun, bahaya rokok bisa mengincar siapa saja, bukan hanya perokok aktif, perokok pasif juga bisa terkena efek sampingnya.

Bahaya rokok juga bisa mengancam kesehatan.

Memang sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokok, namun banyak juga hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Mendatangi dokter hingga menelan obat merupakan cara yang jamak dilakukan agar terhindar dari nikotin. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, yuk, simak cara jitu berhenti merokok di bawah ini.

Sebenarnya, apa yang membuat seseorang kecanduan pada rokok? Jawabannya adalah nikotin, zat yang terdapat di dalam bahan dasar rokok, yaitu tembakau.

Jika dihirup, nikotin akan masuk dan mengalir dalam peredaran darah. Setelah itu, nikotin akan menstimulasi saraf hingga menghasilkan emosi-emosi yang bahagia, seolah memberi energi tambahan.

Biasanya, perasaan-perasaan itulah yang dicari para perokok.

Walau rokok terbukti dapat membantu para perokok mendapatkan perasaan-perasaan yang menyenangkan, tetapi secara rasional para perokok juga tidak menampik kenyataan rokok memberi kerugian yang sangat besar dari sisi kesehatan.

Oleh sebab itu, tidak sedikit perokok yang berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan kecanduannya terhadap gulungan tembakau dan berusaha untuk berhenti merokok.

Ada banyak yang berhasil, tapi banyak juga yang gagal.

Untuk berhenti merokok, sebenarnya memang membutuhkan strategi jitu agar ketika memutuskannya, Anda bisa benar-benar konsisten menjalankannya.

Anda perokok yang ingin “insaf” dan ingin tahu strategi-strategi jitu tersebut? Nah, inilah cara-caranya:

5 Cara Berhenti Merokok

  1. Pahami mengapa Anda ingin merokok

Sangat penting untuk mengenali faktor-faktor pemicu mengapa Anda ingin merokok.

Contohnya, jika Anda merokok untuk mengisi waktu luang, maka carilah cara untuk mengisi waktu tersebut dengan hal-hal lebih positif yang bisa membuat Anda lupa untuk merokok.

Sementara, jika Anda mencari rokok ketika dalam keadaan tertekan atau stres, lebih baik, mulai sekarang coba cari cara untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu stres tersebut.

  1. Sampaikan kepada orang terdekat

Dukungan orang-orang sekitar akan memberi dampak besar bagi usaha Anda. Selain akan diberi ruang dan dukungan, menyampaikan keinginan berhenti merokok biasanya akan membuat Anda merasa terbebani jika di kemudian hari berpikir untuk kembali menjadi perokok.

  1. Hindari teman-teman perokok

Biasanya, ini adalah hal yang paling sulit dilakukan para perokok yang ingin berhenti. Godaan dari teman perokok di sekeliling Anda akan bermunculan.

Maka, ada baiknya Anda menghindar dulu dari teman-teman perokok saat masa-masa transisi, sebelum akhirnya bisa berhenti total.

  1. Unduh aplikasi untuk berhenti merokok

Zaman memang telah berubah. Semakin banyak saja cara yang dapat mempermudah manusia untuk mencapai tujuannya. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi yang ditujukan pada orang-orang yang ingin berhenti merokok.

Biasanya, aplikasi semacam ini akan membantu mengingatkan tentang sudah sejauh mana perkembangan Anda dalam berhenti merokok.

Menariknya lagi, biasanya akan ada fitur yang menghitung jumlah uang yang telah Anda hemat dari berhenti membeli rokok.

Ini bisa menjadi motivasi yang cukup ampuh untuk berhenti merokok.

  1. Niat teguh

Ini adalah poin yang sangat penting. Sukses atau tidaknya dalam berhenti merokok akan bergantung pada seberapa besar dan teguh niat Anda.

Niat itu juga harus datang dari alasan yang benar, yaitu karena Anda mencintai diri sendiri dan orang-orang terdekat, serta rasa syukur atas tubuh yang masih sehat.

Dengan begitu, akan tumbuh perasaan kuat untuk menjaga diri dan menghindari rokok.

Tingkat kecanduan setiap perokok tentu berbeda-beda, maka durasi proses berhentinya pun akan berbeda-beda. Ada yang prosesnya cepat, ada juga yang lebih lambat.

Semua itu juga bergantung pada strategi dan cara yang Anda terapkan untuk berhenti merokok.

Namun yang paling penting, Anda harus percaya bahwa menghentikan kebiasaan merokok bukanlah sesuatu yang mustahil. Oleh sebab itu, mulailah sekarang juga.

4 Makanan Sehat untuk Membantu Mengurangi Efek Kecanduan Rokok

Sementara itu, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Tobacco Induced Diseases pada 2017, mengatur pola makan ternyata bisa menjadi salah satu cara sukses untuk berhenti merokok.

Nah, berikut ini berbagai makanan untuk berhenti merokok yang bisa membantu Anda:

  1. Susu 

Ketika hasrat merokok kembali muncul, jangan buru-buru mengambil sebatang rokok untuk memuaskan keinginan tersebut, ya! Ada baiknya, segeralah pergi ke dapur dan ambil segelas susu.

Ya, susu bisa menjadi alternatif makanan untuk berhenti merokok.

Temuan ini berawal dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research pada 2007 silam.

Pada penelitian tersebut, sekitar 209 perokok diminta menikmati berbagai makanan dan menilai jenis makanan apa saja yang bisa membuat lidahnya terasa enak dan tidak.

Ternyata, makanan yang bisa membantu mengatasi kebiasaan kebiasaan merokok yang paling banyak dipilih adalah susu dan produk susu. Ini karena susu dapat membantu menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok.

  1. Sayur dan buah

Anda sedang mencari makanan untuk berhenti merokok? Coba pilih berbagai sayur dan buah kesukaan Anda. Misalnya jeruk, pir, apel, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan serat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research pada 2013, para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok.

Bahkan, hasrat untuk setop merokok terus menguat hingga 30 hari ke depan, dibandingkan mereka yang jarang makan sayur dan buah.

Sama seperti susu, makan sayur dan buah dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah. Dengan begitu, Anda tak lagi mencari rokok saat stres, justru beralih ke sayur dan buah yang lebih sehat.

  1. Popcorn

Siapa bilang kalau popcorn cuma boleh dimakan saat menonton film?

Popcorn juga bisa menjadi makanan untuk berhenti merokok yang bisa Anda andalkan.

Bukan cuma membuat tangan jadi sibuk ngemil, makan popcorn juga bisa membuat Anda lebih cepat kenyang.

Sekitar 1.000 gram atau setara dengan 5 cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori. Jadi, Anda tak perlu cemas akan kegemukan setelah makan popcorn.

Dengan catatan, hindari menambahkan mentega, gula, atau garam pada popcorn.

Gantilah dengan sedikit minyak zaitun atau keju parmesan supaya lebih gurih dan menambah cita rasanya.

  1. Kacang

Salah satu efek berhenti merokok yang paling umum adalah berat badan naik drastis.

Hal ini terjadi karena nafsu makan mantan perokok cenderung meningkat dan dilampiaskan dengan ngemil makanan yang tidak sehat.

Tenang, ini bukan berarti Anda tidak boleh ngemil demi menjaga berat badan tetap stabil kok. Yang terpenting, Anda harus lebih hati-hati saat memilih makanan untuk berhenti merokok.

Nah, agar lebih sehat dan aman untuk berat badan, pilihlah kacang sebagai camilan Anda hari ini.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine pada 2015, orang yang makan makanan tinggi serat mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kg dalam sebulan.

Makanan tinggi serat ini tidak hanya kacang, tapi termasuk brokoli, raspberry dan jenis buah beri lainnya, serta oatmeal.

Obat yang bisa membantu Anda berhenti merokok

Bagi perokok aktif, berusaha berhenti merokok merupakan salah satu hal terberat yang mereka lakukan. Berhenti merokok memang tidak mudah, apalagi jika Anda sudah kecanduan.

Obat biasanya dipilih ketika seseorang mengalami kesulitan yang teramat besar untuk menahan hasrat mengisap tembakau.

Secara umum, ada beberapa jenis obat untuk berhenti merokok yang bisa dibeli di apotek atas resep dokter. Berikut ini penjelasannya:

  1. Varenicline (Chantix®)

Varenicline (Chantix®) adalah obat resep yang bisa mengganggu reseptor nikotin di otak.

Obat ini bekerja dengan dua efek, yaitu mengurangi kenikmatan dari merokok dan mengurangi gejala yang muncul saat konsumsi nikotin dikurangi.

Obat verenicline biasanya diminum setelah makan dengan segelas air putih. Pada 8 hari pertama, Anda akan mendapat dosis yang cukup tinggi.

  1. Bupropion

Bupropion adalah antidepresan yang bisa membantu mengurangi hasrat dan gejala saat nikotin dikurangi.

Obat bupropion bekerja dengan cara memengaruhi bahan kimia dalam otak terkait kecanduan nikotin. Obat untuk berhenti merokok ini dijual dengan merek Zyban®, Wellbutrin®, atau Aplenzin® di apotek.

Nortriptyline

Nortriptyline adalah obat golongan antidepresi yang bisa membantu meminimalkan gejala pengurangan tembakau dan terbukti meningkatkan peluang keberhasilan seseorang untuk berhenti merokok.

(jpnn/genpi/klikdokter/hellosehat/may/rb)