Waspada Cuaca Ekstrem di Bulan November

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Awal bulan November 2021, kondisi cuaca terlebih sore hari turun hujan dengan intensitas deras disertai angin kencang. Tak heran kondisi tersebut berdampak terhadap masyarakat. Terlebih di Kabupaten Cianjur, tak sedikit bencana terjadi.

Hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

“Dari hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas. Selain itu, diprediksi aktifnya fenomena MJO, aktifnya Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan, termasuk wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya,” ujar Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu.

Beberapa daerah di Jawa Barat saat ini pada potensi dampak dengan status siaga yakni Kabupaten Bandung, Sukabumi yang meliputi Cisolok, Cikakak, Nagrak, Caringin. Kadudampit, Sukabumi, Cicurug, Cianjur meliputi Pacet, Cipanas, Cidaun, Kabupaten Bogor meliputi Cisarua, Ciawi, Caringin, Cigombong, Megamendung, Gunung Putri, Cileungsi, Kabupaten Bekasi meliputi Setu, Kota Bekasi meliputi Mustikajaya, Rawalumbu, Bantargebang, Jatiasih, Pondokmelati, Jatisampurna, Kota Depok meliputiCimanggis, Tapos, Sawangan, Limo, Pancoran Mas, Beji, Sukma Jaya, Cilodong, Cinere dan Kabupaten Garut yang meliputi Cisewu, Talegong, Bungbulang.

“Sedangkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir atau banjir bandang, terdapat potensi dampak dengan status waspada untuk wilayah Jawa Barat terdapat kurang lebih 22 kota dan kabupaten,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada di Jawa Barat agar lebih waspada, terlebih saat terjadi hujan deras disertai angi kencang.

“Saat terjadi hujan deras dan angin kencang, segera mencari tempat aman dan hindari pepohonan. Selain itu, informasikan kepada petugas setempat seperti BPBD, Tagana, TNI-Polri dan SAR,” imbaunya. (kim)