Pangkas Permainan Mafia Perizinan, DPMPTSP Imbau Pengusaha Urus Secara Mandiri

Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pengusaha yang akan melakukan investasi di setiap daerah sangat diperlukan untuk memproses perizinan. Seperti halnya di Kabupaten Cianjur, namun proses tersebut tidak terlalu sulit pasalnya sudah menggunakan sistem online yakni melalui Online Single Submission (OSS). Sehingga praktik percaloan hingga penipuan perizinan dapat dihindari.

Kabid Perizinan Non Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Superi Faizal mengatakan, untuk mengantisipasi mafia perizinan saat ini proses perizinan sudah secara online, asalkan ada kemauan dari pemohon dari masyarakat atau pengusaha tinggal mengakses ke OSS sudah 2018 online.

“Pihak pemohon jangan sampai menyerahkan pengurusan perizinan kepada bukan yang bersangkutan. Dikhawatirkan terjadinya praktik percaloan,” ujarnya.

Lanjutnya, dikhawatirkan jika melalui pihak lain, adanya biaya lain-lain yang tidak seharusnya dikeluarkan kepada pemohon perizinan. Semua proses sudah bisa mengakses ke berbagai urusan perizinan, sehingga bisa dilakukan secara mandiri dan cepat.

“Sebetulnya sudah tersambung ke berbagai urusan perizinan, sehingga lebih efisiensi dan mudah,” tambahnya.

Dalam satu tahun sebelumnya, kasus tersebut hanya terjadi satu kali dan kejadian itu pun dialami oleh investor luar Cianjur yang tidak mengetahui tata cara perizinan di Kota Santri.

“Kalau untuk tahun ini tidak ada, kita tidak menemukan, hanya tahun kemarin itu satu kasus ada,” tutupnya. (kim)