Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Cianjur Gelar Sosialisasi

RADARCIANJUR.com – Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Cianjur menggelar sosialisasi terkait badan usaha kepada badan usaha mitra BPJS Kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur, Senin (25/10).

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cianjur, Indra Agustian menjelaskan seluruh pemberi kerja wajib memberikan hak jaminan kesehatan kepada para pekerja. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif Kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara Dan Setiap Orang Selain Pemberi Kerja Pekerja Dan Penerima Bantuan Iuran Dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, telah tercantum kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemberi kerja.

“Kewajiban pemberi kerja tersebut adalah menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan pekerja tau pegawainya melalui manfaat Program JKN-KIS, dengan mendaftarkan dan memberikan data pekerjanya beserta keluarganya secara lengkap dan benar kepada BPJS Kesehatan, serta membayar iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya,” ujar Indra.

Melalui sosialisasi tersebut para peserta yang merupakan Person In Charge (PIC) atau penanggung jawab kepegawaian di setiap badan usaha terkait juga diingatkan Kembali mengenai update data peawai yang dapat dilakukan melalui aplilasi edabu. Dengan demikian diharapkan setelah sosialisasi ini maka dapat diketahui potensi pekerja yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

BACA JUGA : Waspada Cuaca Ekstrem di Bulan November

Para PIC badan usaha yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memperoleh dan mengupdate informasi seputar JKN-KIS yang mereka butuhkan. Dalam sesi tanya jawab pun mereka aktif bertanya dan mengali informasi sebanyak mungkin. Hal ini menjadi awareness mereka juga terkait tanggung jawab dalam menjalankan tugas di tempat masing – masing yang menjadi tempat para pekerja aatau pegawai bertanya mengenai pelayanan JKN-KIS.

“Informasi yang kami dapatkan dari sosialisasi ini sangat berguna sebagai bekal kami menyampaikan kembali kepada pegawai akan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS, serta melalui kegiatan ini koordinasi kami dengan petugas terkait di BPJS Kesehatan terjalin sangat baik,” ungkap Reni, salah satu peserta yang hadir. (ars/*)