Pohon Besar Timpa Motor dan Bangunan di Sukaresmi

Tampak saat pohon besar menimpa satu unit motor di Jalur GSP Sukaresmi.

RADARCIANJUR.com – Sebuah pohon besar di pinggir Jalan Raya Sukaresmi-Cibodas, tepatnya di Kampung Joglo RT 02 RW 05 Desa Cibadak, Kecamatan Sukaresmi tumbang, hingga menimpa satu unit motor dan bangunan, Kamis (04/11/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Seorang saksi mata, Dillah mengaku sangat kaget di saat dirinya tengah berteduh di salah satu kios yang tepat berada di bawah pohon besar itu.

Ia menuturkan, hujan deras yang disertai angin puting beliung dengan intensitas cukup tinggi mulai terjadi di wilayah GSP Sukaresmi sekitar pukul 15.00 Wib.

Setelah beberapa waktu, terdengar suara kayu yang akan roboh. Pada saat melihat, ia secara refleks membantu menolong orang di dalam kios tersebut.

“Mungkin usia pohon itu sudah cukup tua dan lapuk menjadi faktor penyebab tumbangnya pohon ini. Yang ditambah hujan dengan angin yang cukup besar, jadi pohon tersebut tumbang,” ujarnya, Kamis (04/11).

Meski tak ada korban jiwa, lanjutnya, namun satu unit motor miliknya menjadi korban tertimpa pohon besar itu, hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Motor saya pak ikut tertimpa pohon, dan sangat syok karena tidak menyangka hal itu akan terjadi saat dirinya sedang berteduh di dalam kios itu,” kata dia.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan, pohon besar itu pun sempat menghalangi ke tengah jalan tersebut. Sehingga menghambat arus lalin, di seputaran lokasi.

“Sejumlah warga dan petugas di lokasi akhirnya berupaya mengevakuasi pohon itu dengan alat seadanya, dan berhasil membersihkan setelah beberapa waktu hingga akhirnya akses jalan pun bisa kembali dilalui,” kata dia.

Menurutnya, ia mengalami kerugian materi sekitar jutaan rupiah. Termasuk dengan warung atau kios yang tertimpa pohon besar itu.

BACA JUGA : Kajari Cianjur Tangkap Tangan Penyelewengan Dana PISEW Sebesar Rp126 Juta

“Alhamdulillah orang-orang yang ada di sekitar tidak mengalami apa-apa, hanya motor dan bangunan mengalami kerusakan,” tandasnya.

Sementara itu, Babinsa Desa Cibadak, Sertu Yulis Sumarlin membenarkan adanya pohon tumbang yang terjadi di wilayah Desa Cibadak Sukaresmi itu setelah hujan deras dan angin cukup kencang.

“Iya betul kang, tapi Alhamdulillah gak ada korban jiwa, tapi warung dan motor Beat warna hitam tertimpa pohon, yang diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah,” katanya.

Hingga beberapa waktu yang tak sampai setengah jam, lanjutnya, pohon berhasil dievakuasi dengan alat seadanya yang dibantu petugas PUPR wilayah Cipanas Pacet. “Akhirnya dengan alat seadanya, termasuk saya pun ikut membantu evakuasi. Hingga beberapa waktu datang petugas dan alat pemotong kayu dari PUPR Cipanas,” pungkasnya. (dan)