Angin Puting Beliung Terjang Sukanagalih dan Ciwalen, Belasan Rumah Rusak

Sebuah rumah alami kerusakan pasca diterjang hujan angin puting beliung Kamis sore. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Utara Cianjur pada Kamis (04/11/2021) kemarin sore, sejumlah rumah di wilayah Kecamatan Sukaresmi dan Pacet mengalami kerusakan.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, namun menurut informasi yang diterima, kerugian materil diperkirakan mencapai belasan juta rupiah.

“Ya kang, kemarin sore terjadi hujan deras dan angin puting beliung di wilayah kedusun tiga Kampung Babakan Saudi dan kedusunan 2 Kampung Ali Paraja Desa Ciwalen Kecamatan Sukaresmi. Akibatnya beberapa rumah mengalami rusak berat,” kata Pjs Kepala Desa Ciwalen, Ridwan saat dikonfirmasi, Jum’at (05/11) siang.

Lebih lanjut ia menyebutkan, rumah warga yang diterjang angin hingga alami kerusakan itu diantaranya milik Kadus, Parman, Ibu Fatimah, Ahyar, Iim dan rumah Ece.

“Hampir semuanya mengalami rusak di bagian atap serta tembok. Kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah,” ujarnya.

Pasca kejadian, lanjutnya, pihak pemerintah telah berkoordinasi dengan unsur atau lembaga terkait di desa untuk segera melakukan langkah dan upaya dalam memberikan bantuan kepada para korban yang rumahnya mengalami kerusakan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan lembaga di desa sendiri, karena ini sifatnya urgensi, maka kami akan segera memberikan bantuan berupa bahan-bahan material bangunan untuk perbaikan rumah warga tersebut,” katanya.

Dana yang dianggarkan sendiri, kata Ridwan, itu akan dialokasikan dari anggaran perubahan desa Ciwalen, yang kebetulan masih menyimpan dana tak terduga milik Pemerintah Desa Ciwalen.

“Kebetulan ini di desa ada sedikit anggaran tak terduga, maka kami akan segera mengalokasikan itu untuk perbaikan setelah dilakukan musyarawah dengan sejumlah lembaga desa,” ujarnya.

Terpisah, Babinkamtibmas Desa Sukanagalih, Aipda Siregar mengatakan, akibat dari hujan angin puting beliung, sebanyak lima rumah di Kampung Cibereum RT 01 RW 07 mengalami kerusakan sedang. Sedangkan satu rumah di Kampung Cihiyeum RT 03 RW 07, rusak cukup berat.

“Rata-rata kerusakan pada bagian atap kang, dan satu rumah kerusakanny cukup berat, yakni flapon dan atap rumah tersapu angin,” kata dia.

Dari hal tersebut, pihaknya sangat mengimbau kepada masyarakat, agar sama-sama meningkatkan kewaspadaannya jika terjadi hujan apalagi yang disertai angin kencang.

“Kalau misalnya di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka segera melaporkan dan berkoordinasi dengan RT RW setempat, sehingga bisa dilakukan penanganan segera,” pungkasnya. (dan)