Target Vaksin Cipanas Baru Capai 40 Persen

RADARCIANJUR.com – Target vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cipanas tentunya harus terus digenjot. Pasalnya, melihat dari jumlah persentase warga yang telah mengikuti imunisasi pencegahan penularan virus Corona tersebut, baru mencapai sekitar 40 persen dari total sasaran target vaksin yang ada.

Camat Cipanas, Firman Edi mengatakan, untuk persentase secara keseluruhan pihaknya belum bisa memastikan data secara terperinci, berapa jumlah pasti hingga saat ini. Sebab, data yang kini diambil oleh Pemkab dan Pemerintah Provinsi, justru dilihat dari seberapa terealisasikah warga yang telah divaksin, dari dosis yang ditargetkan.

“Jadi misalnya Kecamatan Cipanas itu dalam 10 hari kedepan mendapatkan 20 ribu dosis vaksin. Nah, sekarang itu dihitungnya jika perhari dimisalkan harus 2000 dosis habis, maka jumlah yang kita pakai perhari bisa diterapkan berapa? itu persentase yang dipakai,” kata Firman, Jum’at (05/11).

Meski begitu, kata Firman, pihaknya pun tentu memiliki data sementara, jika menghitung sejak 21 Oktober 2021, bahwa hasil vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas, RSUD Cimacan, TNI dan Polri, di kecamatan Cipanas khususnya mencapai 23.494 warga.

“Jadi kalau jumlah sasaran dari 12 tahun hingga 60 tahun keatas di Kecamatan Cipanas itu sebanyak 81.633 jiwa, maka dengan raihan 23.494 warga hingga tanggal 21 Oktober kemarin, total persentasinya itu sekitar 28,78 persen,” terangnya.

Belum lagi, lanjutnya, beberapa pekan dari Oktober itu hingga kini, sudah mencapai ribuan warga yang telah divaksin Covid dari berbagai sentral vaksinasi.

“Asumsinya cakupan yang Oktober lalu sekitar 23.494, kemudian ditambah 7.774 itu, berarti kita sudah memvaksin sebanyak 31.368 warga. Nah, jika dipersentasikan dari target sasaran 81.633 itu, sekitar 38,4 persen,” jelasnya.

“Iya kemungkinan jika ditambah lagi beberapa hari ini, bisa mencapai 40 persen lebih target vaksinasi Covid-19 warga Kecamatan Cipanas,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cipanas Dewi Ratih menambahkan, menurut data yang direkap pihaknya, target vaksinasi warga di tujuh desa wilayah kerjanya, sudah mencapai lebih dari 30 ribu warga.

“Hingga Kamis (04/11/2021) kemarin yang dilakukan bersama TNI-Polri, kami mencatat sudah 30 ribu lebih warga Cipanas telah divaksin. Belum termasuk hari ini,” ujar Dewi.

Dengan begitu, pihak tenaga medis bersama seluruh unsur di Kecamatan Cipanas, akan terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi di setiap harinya.

“Kami gencar lakukan vaksinasi di berbagai tempat bersama Forkopimcam dan desa setiap hari. Mudah-mudahan target kami bisa segera tercapai,” pungkasnya. (dan)