Kapolri Sebut Indonesia Mampu Gelar Event Internasional di Tengah Pandemi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (ist)

RADARCIANJUR.com – Covid-19 yang melandai di Indonesia membuat berbagai kegiatan internasional bisa dilakukan. Seperti The 58 Th International Association Of Women Police (IAWP) yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Indonesia mampu melaksanakan event internasional dengan aman dan memperhatikan faktor kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Pernyataan Kapolri tersebut merujuk pada suksesnya IAWP Training Conference di Labuan Bajo. Bahkan, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah kegiatan tersebut sejak 1958. “Ini adalah event yang menunjukan ke dunia luar bahwa Indonesia mampu melaksanakan event internasional di tengah Pandemi Covid-19. Ini kebanggaan kita semua,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/11).

Dengan suksesnya kegiatan tersebut, Sigit menekankan, Indonesia semakin siap melaksanakan event-event internasional lainnya. Salah satunya, Asian Talent Cup dan World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Mandalika yang sebentar lagi akan dilaksanakan kemudian bulu tangkis di Bali, dan juga rangkaian G20 yang dilaksanakan di awal Januari sampai akhir 2022,” ujar Sigit.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, suksesnya kegiatan PON ke-XX hingga IAWP, tak lepas dari kerja keras Pemerintah, TNI, Polri, dinas kesehatan, relawan, dan seluruh elemen masyarakat lainnya yang terlibat. Dalam mencegah laju pertumbuhan virus corona memang diperlukan sinergitas dan soliditas seluruh elemen stakeholders.

“Kita mampu kendalikan laju Covid-19. Saat ini angka-angka sangat bagus. Positivity rate kita di bawah 1. BOR kita di bawah 4 persen semua. Ada di posisi jauh dari angka yang ditetapkan oleh WHO,” tutur Sigit.

Meski begitu, Sigit menekankan, tren positif tersebut harus tetap dipertahankan. Sehingga, event internasional kedepan lainnya dapat berjalan sukses seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Ini harus kita pertahankan. Kita harapkan setelah rangkaian kegiatan ini selesai laju angka pertumbuhan Covid-19 bisa dikendalikan dan kita bisa laksanakan event internasional yang lain. Kita mampu laksakakan event internasional di tengah-tengah situasi Pandemi Covid-19 dan angka-angka tetap bisa kita kendalikan dan seluruh rangkaian acara aman, lancar dan sehat,” papar Sigit.(cep/jpc)