Kasus e-KTP Palsu di Sindangbarang Diperiksa Maraton

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Dugaan kasus pemalsuan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang melibatkan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kecamatan Sindangbarang belum menemukan titik terang. Pasalnya, pihak penyidik dari Polres Cianjur dan Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur masih terus melakukan penyelidikan mendalam.

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Septiawan Adi mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus tersebut untuk mencari bukti baru dan menyerahkan ke Siber Pungli untuk tindaklanjutnya.

“Terlebih dahulu gelar perkara dan mencari bukti-bukti serta diserahkan ke siber pungli,” ujarnya.

Saat ini, status oknum PNS tersebut belum ditetapkan sebagai tersangka, dikarenakan masih pendalaman kasus.

“Statusnya belum ditetapkan tersangka,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur, Cahyo Suprio mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan ke Kecamatan Sindangbarang. Namun saat ini dirinya belum menerima laporan hasil pemeriksaan.

“Kemarin tim sudah kesana (Sindangbarang, res) tapi sampai saat ini saya belum menerima hasil laporan pemeriksaannya,” tuturnya.

Lanjutnya, oknum PNS tersebut sudah mengakui perbuatannya melakukan pemalsuan e-KTP dan akan dilakukan pemeriksaan khusus (riksus) di Irda Kabupaten Cianjur.

“Rencananya besok akan dilakukan riksus terhadap yang bersangkutan,” tutupnya. (kim)