Peringati Hari Pahlawan, Koramil Cipanas Gelar Serbuan Vaksinasi di Pasar

Salah seorang warga mengikuti vaksinasi yang digelar Koramil bersama UPTD Pasar Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Tagetkan 600 warga dari berbagai daerah di wilayah Cipanas dapat terima vaksin, Koramil 0608-04/Cipanas bersama pengelola Pasar Cipanas kembali menggelar vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang berlangsung di kawasan basemen pasar, Rabu (10/11/2021).

Danramil 0608-04/Cipanas Kapten Inf Edi Surono, mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang bertepatan 10 November, yang sebetulnya telah digelar di dua hari kemarin dan terakhir Kamis esok.

“Jadi rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun ini kami gelar vaksinasi bagi masyarakat, yang berlangsung selama empat hari dari Senin dan terakhir Kamis esok. Salah satunya, ya di Pasar Cipanas ini,” kata Kapten Edi, Rabu (10/11).

Tak hanya itu, lanjutnya, kepedulian serta rasa tanggung jawab pun menjadi salah satu motivasi dalam membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Cianjur, khususnya wilayah Cipanas.

“Jadi menurut data yang kami rekap, wilayah Cipanas ini menjadi salah satu daerah dengan capaian vaksinasi yang terbilang masih rendah. Maka dari itu kami bantu sebagai rasa tanggungjawab bersama dalam mendorong target vaksin di wilayah Utara ini,” kata Edi.

Adapun target vaksinasi, lanjut Edi, khusus di Koramil Cipanas itu perharinya minimal bisa terselesaikan hingga 300 vaksin bagi masyarakat umum.

“Target perharinya itu minimal 300 dosis bisa terserap. Tapi sangat menyayangkan juga kalau masyarakat tak bisa memanfaatkan momen ini untuk mengikuti vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Dalam capaian vaksinasi di wilayah kerja Koramil Cipanas sendiri, Edi menyebutkan, bahwa jumlah masyarakat yang telah divaksin, baru mencapai sekitar 40 persen di tiga Kecamatan yang diantaranya wilayah Pacet, Cipanas dan Sukaresmi.

“Jadi berdasarkan kajian kami di lapangan hingga saat ini, tiga wilayah kerja Koramil Cipanas itu sudah mencapai 40 persen capaian vaksinasi. Mudah-mudahan ini akan terus bertambah hingga tercapai target yang diharapkan,” kata Edi.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Iman Rohiman mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dengan adanya kolaborasi vaksinasi ini di kawasan pasar Cipanas. Sehingga dapat menggaet warga yang bukan hanya akan membeli kebutuhan, juga sekaligus dapat mengikuti vaksinasi secara umum.

“Jadi meskipun kami sering mengadakan vaksinasi massal bagi para pedagang dan warga pasar lainnya, mudah-mudahan dengan serbuan vaksin yang digelar TNI ini dapat membantu masyarakat mengikuti vaksinasi,” kata dia. (dan)