Curug Cikondang Kerap Deras dan Keruh, Imbau Pengunjung Jaga Jarak

DERAS: Kondisi air terjun Cikondang terkadang menjatuhkan air dengan volume tinggi disertai warna keruh. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Cuaca yang tak menentu bahkan sampai hujan deras disertai angin kencang, cukup berbahaya bagi masyarakat yang melakukan aktifitas di luar rumah. Bahkan, beberapa wisata alam memberikan imbauan kepada pengunjung agar berhati-hati.

Seperti wisata alam lainnya, Wisata Curug Cikondang yang ada di wilayah Selatan Cianjur. Setiap hujan deras tiba, air terjun berwarna keruh dan juga memiliki volume air besar.

Pengelola Curug Cikondang, Sundara Saputra menjelaskan, saat ini air terjun kerap menjadi keruh dan sangat deras. Terlebih ketika hujan melanda.

“Maka dari itu kamu memberikan intruksi kepada pengunjung untuk tidak mendekati air terjun ketika hujan,” ujarnya.

Sundara mengungkapkan, pengunjung akan diarahkan ke batas aman yaitu 10 meter dari tepi sungai oleh petugas. Hal itu dilakukan ketika hujan turun.

“Itu antisipasi kita. Dan, alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kejadian yang tidak diinginkan ketika hujan turun,” terangnya.

Selain itu, masyarakat Cianjur masih boleh mengunjungi Curug Cikondang di musim hujan. Namun, harus mematuhi intruksi yang ada.

“Pengunjung sekarang memang tidak sebanyak biasanya, lagi merosot. Tapi, ada saja yang berkunjung,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya berharap, pemerintah mau memberikan bantuan untuk memperbaiki akses jalan Curug Cikondang.

“Kalau hujan jalan jadi licin dan terjal. Soalnya kebanyakan masih batu dan tanah,” tutupnya. (kim)