Geber Vaksinasi Covid-19 pada Masyarakat

DIVAKSIN: Sejumlah petugas tengah melakukan vaksinasi secara jemput bola pada masyarakat.

RADARCIANJUR.com – Tim Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cianjur bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Karangtengah targetkan 100 persen vaksinasi Covid-19.

Upaya itu dilakukannya dengan menyisir permukiman warga mulai dari tingkat rukun tetangga (RT) hingga rukun warga (RW). Pelaksanaan itu dilakukan kepada warga masyarakat yang berada di delapan Desa yang melingkupi wilayah kerja Puskesmas Karangtengah Cianjur.

Pimpinan UPTD PKM Kecamatan Karangtengah dr. Nenden Evi Wulandari menjelaskan, warga yang terdata dan berhasil dilakukan vaksinasi pada giat menyisir warga RT dan RW sebanyak 887 umum, dan 142 lansia jumlahnya jika ditotal ada 1.029 warga masyarakat yang divaksin.

“Alhamdulillah warga yang mengikuti vaksin pada giat begitu antusias yang dipusatkan langsung di rumah ketua RW, juga kebanyakan dari warga mengaku belum vaksin adalah terkendala masalah kesehatan dan keterbatasan usia, akan tetapi dengan giat door to door menyisir warga yang belum divaksin dapat mempermudah masyarakat dan mempercepat capaian target vaksin Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cianjur, umuh Parahamubin mengatakan, giat ini dilakukan tanpa ada perencana pihak yang tutut mendampingi terjun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, dan delapan Desa yang telah mengikuti melaksanakan vaksinansi antara lain Desa Sukasirna, Sukamulya, Sindanglaka, Bojong, Maleber, Sindangasih, Sukamanah, dan terakhir Desa Sukataris.

“Alhamdulillah warga yang kami datangi, bersama Forkopimcam, Petugas PKM, Babhinsa dan Babinmas setiap Desa turut mendampingi menyisir ke setiap RT dan RW untuk dilaksanakanya vaksinasi warga setempat, sebagai upaya untuk mencapai target vaksinasi Covid-19 100 persen hingga akhir November 2021 ini,” katanya.

Pihaknya terus bertekad dan berupaya untuk mempercepat terciptanya Herd Imunnity dikalangan masyarakat juga untuk mendukung pemerintah mencapai target vaksin.

“Kami berharap, dengan sistem menyisir ke setiap RT dan RW bisa lebih mempermudah masyarakat mendapatkan vaksin, dan tentunya masyarakat dapat terlindungi untuk meminimalisir angka kematian akibat terpapar Covid-19 di Kabupaten Cianjur khususnya,” pungkasnya.(dang)