Giliran Disnakertrans Cianjur Diserbu Buruh

HARUS JELAS: Sejumlah perwakilan buruh mendatangi Disnakertrans Kabupaten Cianjur untuk terus memperjuangkan naiknya UMK sebesar 21 persen. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Serikat buruh Kabupaten Cianjur kembali mendatangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur. Kurang lebih 50 buruh secara konvoi sembari membawa bendera serikat mendatangi Kantor Disnakertrans Kabupaten Cianjur secara long march dari Jalan Raya Bandung ke Jalan Pangeran Hidayatullah.

Aksi tersebut bukan dalam rangka unjuk rasa, akan tetapi menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk menyampaikan keluhan mengenai UMK yang dirasa jauh dari kata layak dibandingkan dengan daerah lainnya seperti Sukabumi, Bogor, Bandung dan Karawang.

Ketua FSPMI-KSPI, Asep Saeful Malik mengatakan, pihaknya tetap menuntut kenaikan upah, namun pihaknya masih melakukan birokasi sebagai langkah awal.

“Kita lihat buruh di daerah lain melakukan aksi demo, tapi kita masih mengedepankan etika sebagai buruh yang beradab di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Akan tetapi, dari pertemuan atau audiensi tersebut belum menemukan titik terang. Sehingga pihaknya menanti hasil terbaik.

“Cianjur ini terendah, minimal sama dengan Sukabumi. Kalau tuntutan tidak dipenuhi, kami akan turun ke jalan secara maraton,” tegasnya.

Di sisi lain, Plt Kadisnakertrans Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani mengungkapkan, pertemuan pada Senin (15/11) tersebut akan ditindaklanjuti yang rencananya akan dilakukan rapat dengan beberapa pihak pada Rabu (17/11) mendatang.

“Kita mengakomodir ini berpijak kepada ketentuan dan aturan yang ada, karena mau tidak mau harus berpedoman pada regulasi berkaitan mengenai pengupahan yakni PP 36 Tahun 2021,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari hasil dari pertemuan tersebut akan diformulasikan terlebih dahulu dan dirapatkan dengan dewan pengupahan serta melakukan rapat pleno terkait kebijakan pengupahan sebagai bahan Bupati Cianjur merekomendasikan ke Gubernur Jawa Barat.

Sementara itu, aksi audiensi tersebut berjalan dengan lancar tanpa adanya gesekan dari pihak manapun. Kurang lebih 60 anggota Kepolisian Resor (Polres) Cianjur diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut.

“Alhamdulillah aksi audiensi ini berjalan lancar dan aman, kita menurunkan anggota 60 anggota,” terang Kasat Intel Polres Cianjur, AKP Amir Said. (kim)