Paeruzillah Nahkodai HPDKI Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com – Himpunan Pengusaha Domba Kambing Indonesia (HPDKI) DPC Kabupaten Cianjur melaksanakan pemilihan ketua baru yang bertempat di Vila Green Hill Ciherang, Cipanas pada Sabtu (13/11).

Pemilihan tersebut turut dihadiri pengurus DPD HPDKI Jawa Barat dan beserta pengurus DPC HPDKI Kabupaten Cianjur. Dari hasil pemilihan, menghadirkan ketua baru yang akan menahkodai HPDKI DPC Kabupaten Cianjur yakni Paeruzillah.

Di awal kepemimpinannya, DPC HPDKI Kabupaten Cianjur langsung mempersiapkan beragam program jangka pendek dan jangka panjang.

Ketua HPDKI DPC Kabupaten Cianjur, Paeruzillah mengatakan, dalam jangka panjang di bawah nahkodanya, dirinya akan mempersiapkan terlebih dahulu untuk musyawarah nasional (Munas). Pasalnya HPDKI Cianjur memiliki suara untuk pelaksanaan Munas yang akan berlangsung di Provinsi Banten.

“Banyak usulan dari anggota, seperti dari PAC yakni disediakannya lapangan untuk kontes atau ternak yang insya allah akan bersinergi dengan Pemkab Cianjur yang akan kita datangi atau bersilaturahmi ke setiap PAC,” ujarnya.

Sebagai informasi HPDKI di Kabupaten Cianjur memiliki PAC di 32 Kecamatan di seluruh Cianjur dan memiliki pengurus ranting di setiap Desa di tiap Kecamatan, sehingga memiliki anggota yang sangat banyak serta bisa menjadi salah satu aset bagi Kabupaten Cianjur terutama dalam meningkatkan perekonomian Cianjur melalui Wisata dan Budaya.

Lanjutnya, mencari solusi agar harga domba bisa naik baik domba kontes maupun domba sayur. Sehingga harga di pasaran layak.

“Jangka panjangnya, Cianjur bisa menjadi barometer sebagai salah satu daerah sorotan untuk mencari domba. Bahkan akan diupayakan agar domba dari Kota Santri bisa diekspor ke negara lain khususnya Saudi Arabia,” tambahnya.

HPDKI Kabupaten Cianjur bahkan telah dan rutin mengekspor lebih dari 600 ekor Domba ke Negara Malaysia, selain itu, Cianjur juga memiliki peluang untuk bekerjasama dengan Negara Arab Saudi dalam mengekspor Domba.

“Setiap tahunnya, khususnya di musim Haji, Arab Saudi membutuhkan ratusan ribu bahkan jutaan ekor domba, utk membayar dam bagi para jemaah haji dari seluruh dunia, saat ini pasokan domba Arab Saudi baru dari Australia dan India,” terangnya.

Dirinya menambahkan, nantinya even domba, bisa menjadi salah satu dorongan sebagai salah satu destinasi wisata yang membangkitkan sektor wisata dan juga menambah PAD Kabupaten Cianjur.

“Kedepannya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur agar bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata,” tuturnya.

Paeruzillah berharap HPDKI Kabupaten Cianjur dengan anggota yang sangat banyak ini, dapat berkolaborasi dengan Pemerintah dalam memaksimalkan potensi-potensi yang dimilikinya yang dapat meningkatkan perekonomian, wisata dan budaya di Cianjur.

“Dengan berbagai potensi yang kami miliki, kami berharap pemerintah daerah bisa berkolaborasi dengan HPDKI untuk kedepannya dan bisa melirik untuk potensi wisata serta budaya,” harapnya. (kim)