Longsor Kembali Terjang Cisel, Tebing Setinggi 15 Meter Ambrol Tutup Jalan

EVAKUASI: Tim gabungan dari Polsek Tanggeung, Koramil Tanggeung, BPBD, Retana dan warga sekitar bahu membahu membersihkan material longsoran. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Bencana longsor kembali terjadi di Jalan Raya Kampung Cigadog Desa Tanggeung Kecamatan Tanggeung pada Selasa (16/11) pagi sekitar pukul 6.00 WIB. Tebing setinggi 15 meter dan lebar 10 meter tersebut runtuh dan material longsoran menutup sebagian jalan.

Akibat longsor tersebut, akses jalan sempat tersendat satu arah. Sehingga pengendara yang melintas harus bersabar dan bergantian melintasi jalan tersebut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Labis membenarkan longsor yang terjadi di wilayah Selatan Cianjur tersebut.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan evakuasi material longsoran yang bekerjasama dengan Polsek Tanggeung, TNI, Retana dan masyarakat sekitar.

“Kejadiannya tadi pagi, material longsoran tersebut menutup sebagian jalan. Jadi sempat terjadi kemacetan cukup panjang,” ujarnya.

Lanjutnya, berkat kerja sama yang dilakukan, saat ini akses kedua arah sudah kembali normal dan bisa dilalui oleh kendaraan dari dua jalur.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya yang melintasi daerah Selatan agar berhati-hati terlebih saat kondisi cuaca hujan deras.

“Saat berkendara khususnya melintasi tebing curam, perlu diperhatikan jangan sampai lengah. Jika tidak memungkinkan saat kondisi hujan deras, lebih baik menepi di tempat aman,” imbaunya. (kim)