Pendakian TNGGP Kembali Dibuka, Kapasitas Dibatasi Hanya 300 Pendaki

RADARCIANJUR.com- Kabupaten Cianjur saat ini sudah memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Beberapa tempat wisata sudah mulai membuka kembali untuk kunjungan wisatawan, seperti halnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Melalui Surat Edaran dengan Nomor 1672/BBTNGGP/Tek.2/11/2021 Tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, sudah kembali membuka bagi para pendaki yang akan mengunjungi salah satu gunung di Jawa Barat yang menjadi primadona.

Surat tersebut merupakan tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 60 Tahun 2021 yang menyatakan Kabupaten Cianjur sudah berada di PPKM level 2.

Plt Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja mengatakan, pembukaan pendakian akan dibuka Rabu (17/11). Setiap pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan dan menunjukan bukti berupa sertifikat bahwa sudah melaksanakan vaksinasi.

“Iya akan dibuka besok, tetap meskipun berada di level 2, harus mematuhi protokol kesehatan dan wajib menunjukan bukti berupa sertifikat sudah divaksin,” ujarnya.

Lanjutnya, selain diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, pendakian pun dibatasi pihak TNGGP. Pembatasan pengunjung sebesar 25 persen atau 300 pendaki.

Pihaknya pun mengimbau, selain mematuhi protokol kesehatan (prokes) pendaki mematuhi aturan yang diberlakukan TNGGP seperti tidak membuang sampah sembarangan dan membawa sampah kembali dari atas gunung.

“Kita batasi pendakian hingga 25 persen atau 300 pendaki, selain itu kita harapkan kepada pendaki agar menaati aturan yang diberlakukan TNGGP,” tutupnya. (kim)