Akhirnya Sampah Desa Cijagang Diangkut DLH

Sampah yang menumpuk di pinggir sebuah kali Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon tengah diangkut petugas DLH.

RADARCIANJUR.com- Sampah yang menumpuk di pinggir sebuah kali Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon sempat dikeluhkan warga akhirnya di angkut petugas kebersihan lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut disampaikan Kabid Lingkungan Hidup (LH) DLH Kabupaten Cianjur Neneng Restiantie. Ia menuturkan telah menerjunkan petugas DLH setelah mendengar adanya tumpukan sampah yang dikabarkan dibiarkan oleh pemerintah Desa setempat.

“Sudah ada ekseskusi sampah tersebut, mudah-mudahan pihak desa bisa mandiri kedepannya karena sampah adalah masalah bersama,”katanya.

Neneng menjelaskan, semua sampah harus masuk ke TPA pasir sembung dan nanti ada pilahan oleh pengepul dan pengolahan sebagian untuk komposter.

“kalau buang sampah sembarang kena denda dan pidana,”tuturnya.

Menurutnya, Jika semua pihak mau bekerjasama dan peduli maka akan ada solusi permasalahan sampah

“Kita lagi mengajukan TPS3R, TPA rencana jangka panjang,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijagang Ekus Kusmana Saputra mengaku, sering memberikan himbauan kepada warganya untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Saya kurang gimana, sudah memberikan himbauan kepada masing-masing RT, tetapi susah untuk di ajak bergotong royong,”ujarnya.

Ekus pun mengaku bingung untuk solusi permasalahan sampah, karena pihaknya hingga kini belum memiliki TPA.

“Memang dilingkungan kami, belum mempunyai tempah pembuangan akhir, jadi susah harus buangnya ke mana,”paparnya.

Selain itu kades membantah, tidak memanfaatkan fasilitas Cator untuk digunakan keperluan pengangkutan sampah.

“Itu masyarakat yang sentimen saja, dan harus diteliti dulu ketika akan berbicara. Setiap hari juga di pakai,”pungkasnya. (byu)