Banner Pemindai Aplikasi PeduliLindungi Dicueki Pengunjung

Banner Pemindai Aplikasi PeduliLindungi

RADARCIANJUR.com- Penggunaan aplikasi PeduliLindungi bukan hanya sekedar untuk memantau kapasitas pengunjung satu tempat saja. Namun, salah satunya untuk memantau mobilitas dan aktifitas masyarakat melalui aplikasi tersebut.

Meski demikian, tak semua masyarakat mempunyai aplikasi tersebut. Beberapa diantaranya belum mengerti bahkan belum bisa menggunakannya. Di Kabupaten Cianjur, meski sudah terdapat imbauan dari Pemerintah Pusat, beberapa tempat belum terpasang dan bahkan terpasang namun tidak diindahkan pengunjung.

Seperti di salah satu pusat perbelanjaan di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Jalan Arif Rahman Hakim. Meskipun sudah terpasang banner untuk memindai aplikasi tersebut, pengunjung dengan leluasa masuk tanpa dianjurkan untuk melakukan pemindaian.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, aplikasi tersebut sudah disarankan pemerintah agar digunakan.

“Harusnya bisa digunakan sebagai fasilitas memantau mobilitas masyarakat. Di sisi lain juga masyarakat saat tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut bisa menunjukan sertifikat vaksin,” ujarnya

Lanjut Irvan, pihak perusahaan perlu ada monitoring dan diharuskan di-screening melalui aplikasi tersebut.

“Saya rasa saat sudah ada aturannya perlu ditaati, jika tidak menggunakan kita berikan sanksi ringan berupa teguran,” jelasnya. (kim)