Dinkes Cianjur Rencanakan Vaksinasi 24 Jam

RADARCIANJUR.com- Target vaksinasi yang saat ini di Kabupaten Cianjur baru melewati fase atau target di level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) Jawa-Bali yakni di persentase 50 persen dan lansia 40 persen. Untuk akhir tahun, setiap daerah harus sudah mencapai 100 persen melaksanan vaksinasi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, tengah merancang strategi agar bisa tercapai target yang ditentukan Pemerintah Pusat hingga akhir tahun in.

Rencana tersebut yakni akan membuka posko vaksinasi di Kantor Dinkes Kabupaten Cianjur selama 24 jam. Pelaksanaan tersebut selain untuk menjadikan Cianjur turun ke level 1 PPKM juga bisa memenuhi target.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menjelaskan, saat ini masih tengah dalam pembahasan mengenai teknis yang dilakukan.

“Rencananya begitu, karena kita ingin segera tercapai target dan juga bisa mencapai level 1 PPKM,” ujarnya.

Secara teknis, lanjut Irvan, nantinya ada empat vaksinator yang akan berjaga pada malam hari. Sementara siang hari bisa memanfaatkan vaksinator dari pusat vaksin lain. Pelaksanaannya akan dilakukan hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Meski demikian, pihaknya tidak melupakan mengenai pengupahan atau bayaran untuk vaksinator dari tenaga kesehatan (nakes) tersebut.

“Tentu itu sudah kita pikirkan, saat ini kita sedang melakukan pembahasan. Pasti kita berikan bonus juga, itu tidak akan kita lupakan,” tuturnya.

Dirinya pun berharap, dengan strategi tersebut, bisa mencapai target vaksinasi dan Kota Santri bisa turun level ke level 1.

“Secara pasti, nanti kita matangkan terlebih dahulu, itu dilakukan juga kita melihat masyarakat yang mungkin bekerja di pagi hingga siang atau malam, sehingga kita fasilitasi,” tutupnya. (kim)