Kasus Kakek Cabul di Kadupandak, Kak Seto: Seharusnya Ada Perlindungan Anak Tingkat RT

Pemerhati Anak Indonesia, Seto Mulyadi (Kak Seto)

RADARCIANJUR.com- Pemerhati Anak Indonesia, Seto Mulyadi (Kak Seto) menyayangkan dengan kembali terjadinya kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di Kabupaten Cianjur yang dilakukan oleh H (60) warga Kampung Cipeusing Desa Talagasari Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur.

Pengawasan atau antisipasi tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur saja, namun tingkat lingkungan perlu bergerak.

Sehingga deteksi dan juga antisipasi dini dilakukan sesegera mungkin, serta anak-anak di lingkungan bisa terjaga dari predator anak.

“Seharusnya itu ada seksi perlindungan anak di lingkungan tingkat Rw dan Rt, sehingga selain memberikan perlindungan tapi turut memberikan edukasi,” ujarnya.

Lanjut pria yang biasa disapa Kak Seto ini, sehingga yang dilakukan bukan hanya langkah hukum saja, meskipun hal tersebut ada efek jera. Akan tetapi, lebih efektif dengan melakukan preventif.

“Sudah beberapa kota kabupaten membuat ini, tentunya saya berharap, Kabupaten Cianjur juga bisa menerapkan. Jangan sampai nasi sudah jadi bubur baru sibuk atau sudah ramai baru sibuk mengurus,” tegasnya.

Seharusnya, Kak Seto menambahkan, anak sebagai penerus bangsa diberikan lingkungan nyaman dan layak. Sehingga tak ada yang ditakutkan dan dikhawatirkan. Nantinya, Seksi Perlindungan Anak turut mengawasi dan menjaga. (kim)