Berdayakan 500 Ribu Kaum Perempuan di Tengah Pandemi

Program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa)

RADARCIANJUR.com – Perempuan merupakan kelompok paling merasakan dampak langsung dari pandemi Covid-19. Hampir dua tahun, pandemi melanda Tanah Air, kelompok masyarakat terdampak berusaha untuk bangkit.

Kelompok terdampak itu tidak sedikit kini berada dalam garis prasejahtera. Besarnya dampak pandemi ini, PNM dan Unilever berkolaborasi membuat program berdaya yang menyasar perempuan prasejahtera.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengatakan, pihaknya bersama Unilever Indonesia menjalankan Program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa) sejak Agustus–Desember 2021. Saat ini program itu menyasar nasabah PNM Mekaar di 12 Kota besar.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas,” ujar Sunar Basuki kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/11).

Program Bu Karsa memberikan edukasi pencegahan penularan dan Covid-19, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), panduan gizi seimbang, resep masakan bernutrisi, pemilahan sampah, serta higienitas rumah, dan toilet.

Di samping itu mereka bisa bangkit. Apalagi selama hampir dua tahun pandemi melanda, banyak sekali keluarga atau kelompok masyarakat terdampak. Kini mereka dibantu setidaknya bisa mencegah potensi tertular Covid-19. Lalu, bisa membuka peluang baru agar ekonomi setiap keluarga bisa berjalan secara berkelanjutan.

Head Of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia Nurdiana Darus menuturkan, bisnis harus berlandaskan tujuan mulia (purpose) dan memberikan dampak berkelanjutan.

“Pada program Bu Karsa diharapkan dapat memberdayakan 500 ribu perempuan prasejahtera. Setidaknya mereka menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga, serta menjadi agen perubahan di lingkungan sendiri,” tandas Nurdiana Darus.

Menurut Mira Damayanti Hardjono, Kepala Divisi JML, di seluruh indonesia program ini diharapkan dapat mengedukasi secara tepat ibu – ibu mekaar dalam memiliki pola hidup sehat, dan memasak makanan bergizi secara sederhana. Tentunya dengan mengurangi resiko terjadinya penyakit, ibu – ibu mekaar dapat lebih optimal dalam menjalankan usahanya.

Program ini adalah Komitmen Pemberdayaan Perempuan Berkelanjutan PNM dan Unilever, program ini juga sudah menjadi spesialisasi Divisi JML dalam menyusun program – program tanggung jawab sosial lingkungan, PNM juga sudah meraih penghargaan terkait Program TJSL dengan berhasil diraihnya penghargaan TJSL award 2021.

“Mengikuti tren Milenial, program ini juga diupdate secara berkala di Instagram @pnm_jasamanajemen untuk meningkatkan kesadaran terutama bagi kalangan Milenial. Periode program BU KARSA sendiri dijalankan selama bulan Agustus – Desember 2021,” pungkasnya.

Program ini adalah sebuah program dengan tujuan mulia dalam proses pemberdayaan wanita, program ini disusun secara spesifik melalui serangkaian program edukasi, sosialisasi, dan pemberdayaan yang diselenggarakan di Kab. Sukabumi, Kab. Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kab. Siak, Kab. Kebumen, Kab. Klaten, Kab. Semarang, Kab. Sampang, Kab.Pamekasan, dan Kab. Ngawi.(jpc/cep)