Vaksinasi Malam Hari di Cianjur Sudah Berjalan

RADARCIANJUR.com- Pelaksanaan vaksinasi pada malam hari di Kabupaten Cianjur ternyata sudah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan dilakukan oleh puskesmas di Kabupaten Cianjur. Meskipun, pelaksanaan vaksinasi malam hari tersebut tidak dilakukan oleh semua puskesmas, hanya puskesmas dengan kategori Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned).

Tujuan pelaksanaan vaksinasi malam hari tersebut agar masyarakat yang berhalangan untuk pelaksanaan vaksinasi siang hari bisa melakukannya pada malam hari. Selain mempermudah masyarakat, tentunya membantu dalam capaian target.

Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahrudin mengatakan, tujuan vaksinasi malam sebagai peruntukan pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan. Sehingga tak ada kesulitan yang harus menjadi alasan masyarakat untuk menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

“Awalnya itu kan kita melihat tidak semua masyarakat bisa melaksanakan vaksinasi siang hari, ada yang sibuk dari pagi sampai sore, sehingga tidak sempat melakukan vaksinasi, sehingga kita fasilitasi agar masyarakat mudah,” ujarnya.

Namun memang pelaksanaan yang sudah berjalan di beberapa puskesmas dengan kategori Poned mulus. Pasalnya, kondisi cuaca mempengaruhi untuk akses ke puskesmas.

“Cuaca yang kadang hujan, membuat masyarakat sedikit kesulitan menuju lokasi atau puskesmas, itu saja sih kesulitannya. Sehingga belum banyak yang datang juga,” tuturnya.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menambahkan, saat ini dari seluruh puskesmas di Kabupaten Cianjur yang berjumlah 47 puskesmas, hanya 24 yang sudah berstatus Poned.

“Kalau secara keseluruhan belum semua, ada beberapa yang sudah melakukan vaksinasi malam hari,” terangnya.

Lanjut Irvan, dari 24 puskesmas berstatus Poned tersebut, kurang lebih terdapat 10 puskesmas baru melaksanakan vaksinasi malam hari.

“Belum sepenuhnya, masih mempersiapkan terlebih dahulu. Insya allah nanti kalau sudah siap, turut membantu vaksinasi malam hari di Dinkes juga,” tutupnya. (kim)