Atlet Disabilitas Asal Cipanas Sabet Medali Perunggu Papernas XVI Papua

Saat penyambutan atlet pingpong (pakai jaket atlet di tengah) oleh Pemerintah Desa Cipanas bersama sejumlah unsur lainnya. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Perjuangan keras dijalani atlet pingpong atau tenis meja asal Desa Cipanas, Kacamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Ajang Zainal Abidin.

Meski memiliki keterbatasan dalam fisik, namun ia mampu menyabet medali perak klasiifikasi disabilitas dalam laga Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua 2021 beberapa waktu kemarin.

Tak hanya sebagai atlet, Ajang pun merupakan guru ngaji di salah satu pesantren dan madrasah, yang dapat menorehkan prestasi membanggakan.

Meskipun, di sisi lain, ia tampil untuk mewakili Kota Tasikmalaya. Padahal ia adalah warga Desa Cipanas, Kacamatan Cipanas, Cianjur.

“Saya sangat bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberikan kemampuan serta kekuatan kepada saya, sehingga berhasil mendapatkan medali perunggu tingkat nasional. Meski bukan mewakili Cianjur,” ujar Ajang.

Persiapan yang dilakukan pun, kata Ajang, ia sangat menyiapkan mental, latihan dengan maksimal, dan menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan sehat. Terlebih, memohon doa kepada Sang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran.

“Alhamdulillah perolehan medali ini berkat doa semua, baik keluarga, sahabat, dan seluruh warga khususnya di Desa Cipanas. Sehingga saya bisa membuktikan prestasi ini,” kata dia.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para pemuda, terlebih bagi penyandang disabilitas lainnya, agar jangan sampai memiliki rasa putus asa. Karena yakin, Allah telah memberikan kemampuan dan keistimewaan kepada semua makhluknya.

“Intinya kita harus yakin, di balik kekurangan, pasti bakal ada kelebihan dan keistimewaan yang diberikan Alloh kepada kita semua,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia pun meminta doa kepada semua warga khususnya di Desa Cipanas dan Cianjur, jelang event di Vietnam dan China.

“Saya minta dukungan doanya dari semua pihak, semoga saya bisa kembali berhasil dan membawa gelar juara secara maksimal dalam event di Vietnam dan China,” tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Cipanas, Agus Sahputra, sangat mengapresiasi torehan yang disabet Ajang dalam laga tingkat nasional itu. Menurutnya, hal itu tentu harus didukung dan sama-sama berharap, semoga Ajang dapat meraih prestasi yang lebih membanggakan.

“Ajang ini sangat luar biasa. Prestasinya pun bukan hanya di tingkat nasional tapi juga sudah tingkat Asia. Saya lihat langsung medalinya dari Korea, Taiwan, Vietnam, dan yang beru kemarin di Papua. Insya Alloh Ajang bisa lebih menjadi kebanggaan Desa Cipanas dan Cianjur,” tuturnya.

Dengan torehan tersebut, ia sangat optimistis, Ajang dapat kembali meraih prestasi dengan melakukan persiapan tanding di Solo untuk menghadapi event di Vietnam dan China.

Meskipun, kata Agus, ia sangat menyayangkan, bahwa atlet berprestasi asal Desa Cipanas Cianjur ini tidak mewakili Kabupaten Cianjur melainkan mewakili kota lain.

“Saya berharap kedepannya mudah-mudahan Pemkab Cianjur dapat lebih memperhatikan kesejahteraan para atlet yang saat ini justru tak sedikit mewakili kota/kabupaten lain, bukan untuk Cianjur,” pungkasnya. (dan)