WNA di Cianjur Wajib Lapor Imigrasi Satu Bulan Sekali

Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kabupaten Cianjur WNA. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Banyaknya perusahaan-perusahaan yang dimiliki Warga Negara Asing (WNA) di kabupaten Cianjur membuat keberadaan mereka dipertanyakan.

Terlebih ijin tinggal dan kegiatan mereka seperti bekerja di wilayah Kabupaten Cianjur rawan adanya penyalahgunaan ijin tinggal yang bermasalah salah satunya tidak diperpanjang atau telah habis masa berlaku di dalam paspor yang di miliki.

Namun, menurut Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kabupaten Cianjur WNA yang mendiami wilayah Kabupaten Cianjur tergolong patuh prosedur ijin tinggal.

Koordinator Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kabupaten Cianjur Ikhwan mengatakan, WNA Cianjur hingga kini patuh terhadap ijin tinggal di Cianjur.

“Sementara menurut data ada 6 WNA memiliki Ijin Tinggal Kerja (ITK), 94 Ijin Tinggal Sementara (ITAS),”katanya.

Menurutnya, WNA yang berada di Cianjur rutin melakukan wajib lapor satu bulan sekali.

“Karena mereka Selalu lapor setiap bulan terkait keberadaannya. Karena di undang-undang kita ada kewajiban yaitu setiap orang asing berkegiatan di wilayah Cianjur itu harus melaporkan keberadaannya,”terangnya.

Ikhwan menjelaskan, hingga kini belum ada pelanggaaran yang dilakukan WNA di wilayah Cianjur.

“Kemarin memang ada satu WNA asal timteng yang kami deportasi, hanya WNA lainnya hingga kini patuh. Selama ini belum ada pelanggaran, karena kita selalu mengimbau terus dan memantau mereka,”pungkasnya. (byu)