Lima Desa di Kecamatan Campaka Rawan Bencana

Sekretaris Camat (Sekmat) Campaka Mohamad Rochman

RADARCIANJUR.com- Lima Desa di kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur rawan bencana longsor dan pergerakan tanah.

Hal tersebut karena letak geografis wilayahnya berbukit-bukit dan memiliki tanah labil sehingga berpotensi terjadinya kebencanaan.

Sekretaris Camat (Sekmat) Campaka Mohamad Rochman mengatakan, dari sebelas Desa terhitung hampir setengahn-ya memiliki potensi kebencanaan tinggi.

“Untuk potensi secara fotografi ada 5 Desa di antaranya Desa Campaka, wagunjaya, Mekarjaya, karyamukti, dan Ci-menteng,”katanya.

Demi menekan angka terjadinya bencana pihaknya pun membentuk posko siaga bencana.

“Untuk kegiatan antisipasi bencana kami Forkomincam membentuk posko bencana bertempat di kantor kecama-tan,”ujarnya.

Selain itu pihaknya juga selalu memberikan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat agar mengantisipasi terjadinya bencana.

“Himbauan kami selalu siaga dan waspada dalam rangka mengantisipasi bencana dengan target tidak ada korban ji-wa,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Cianjur Taufik Zuhrizal menilai, banyak indakator-indakator yang menyebabkan Cianjur menjadi peringkat pertama bencana salah satunya kapasitas masyarakat terhadap kebencanaan masih berada di hitungan yang kurang.

“Ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR), bagaimana caranya BPBD Cianjur dapat mampu meningkatkan kapasitas masyara-kat dalam penanganan kebencanaan sehingga level cianjur berada di rangking lebih rendah,”pungkasnya. (byu)