Wabup Cianjur Tinjau Pembangunan Pasar Senilai Rp 4 Miliar di Ciherang

Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahruddin melakukan monitoring pembangunan pasar Cigombong. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahruddin melakukan monitoring evaluasi (Monev) dalam memastikan pembangunan pasar Cigombong yang berada di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur, Rabu (24/11/2021).

“Dalam proses pembangunan hingga saat ini memang masih ada yang kurang. Tapi tadi saya sudah sampaikan ke penyedia jasa juga para konsultan pengawas agar menjadi catatan bahwa pentingnya kualitas bangunan harus diutamakan,” ujar TB Mulyana Syahruddin usai peninjauan, Selasa (24/11).

Menurutnya, keutamaan kualitas bangunan tentunya harus betul-betul diprioritaskan, sebab hal tersebut sudah pernah menjadi contoh di beberapa pembangunan wilayah Cianjur Selatan yang tidak begitu maksimal.

“Kita pernah memiliki contoh pembangunan di Pagelaran dan Agrabinta, makanya kami minta proyek yang bersumber dari APBN hampir Rp 4 Miliar ini supaya bisa dihindari hal-hal yang tidak baiknya,” kata TB Mulyana.

Dari hasil peninjauan pun, lanjutnya, pihak kontraktor ditargetkan dapat merampungkan proses pembangunan pasar berstatus kecil ini hingga akhir Desember mendatang.

“Jadi meskipun tanggal 23 November ini pembangunannya baru mencapai sekitar 63 persen, tapi saya sarankan agar dilakukan percepatan karena biasanya seminggu sebelum akhir bulan itu sudah harus selesai, walaupun kontraknya hingga 31 Desember nanti,” tuturnya.

Selain itu, dalam tahapan percepatan pembangunan pasar pun, kata TB, Pemkab telah menyampaikan kepada pihak penyedia dan konsultan pengawas serta Diskoperindag Cianjur agar segera membuat schedule baru dalam mengejar deadline nanti.

“Mudah-mudahan tanggal 24 Desember itu sudah selesai, meskipun menurut Pak Kabid ini tidak ada batas minimum progres, tapi saya berharap agar deadline itu tidak terlalu senjang terhadap angka 100%. Jadi walaupun digaransi oleh bank, minimal pekerjaan sudah mendekati selesai,” tandasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana menambahkan, dalam mengejar progres pembangunan pasar Cigombong ini tentu pihaknya bersama unsur terkait akan terus berkoordinasi. Sehingga batas pengerjaan di akhir Desember mendatang dapat terpenuhi.

“Kami optimis, akhir tahun 2021 ini bangunan pasar Cigombong bisa segera rampung. Sehingga menjelang awal tahun, para pedagang sudah dapat berjualan secara normal,” kata dia.

Lebih lanjut ia menyebut, rencana proyek pembangunan pun, ini akan dibuat sebanyak 73 kios dan 28 lost. Dengan pengelolaan yang dilakukan oleh Pemkab melalui Diskoperindag dan ke UPTD pasar Cikalongkulon.

“Meskipun status pasar ini masih kategori kecil, tapi tetap kami juga menargetkan pemasukan untuk pendapatan asli daerah atau PAD, yang nilainya masih kita bahas,” kata dia. (dan)