KPU Cianjur Sosialisasi Pendidikan Pemilih Terendah di Cisel

KPU Cianjur gencar melakukan sosialisasi pendidikan pemilih daerah yang berlangsung di wilayah Cianjur Selatan. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur kembali melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih daerah partisipasi rendah di Desa Talagasari, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur, Rabu (24/11/2021).

Sosialisasi ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di wilayah Cianjur Selatan dari serangkaian sosialisasi pendidikan pemilih yang telah di gelar KPU Cianjur pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 lalu.

“Kami bekerjasama dengan Bakesbangpol Cianjur termasuk Pemerintahan Kecamatan Sindangbarang dan Pemerintahan Desa Talagasari, berupaya menyampaikan kepada masyarakat terkait pentingnya mengikuti pemilu,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Rustiman, Rabu (25/11).

Selain menyampaikan materi sosialisasi, pihaknya pun menggali informasi terkait kendala yang terjadi di masyarakat Desa Talagasari khususnya pada Pemilihan terakhir yang dimungkinkan menjadi penyebab rendahnya partisipasi di desa tersebut.

“Kami akan mengkaji secara khusus permasalahan dan kendala yang terjadi di Desa Talagasari,” kata dia.

Adanya hal tersebut, lanjutnya, tentu akan sangat menjadi masukan penting bagi KPU Cianjur dalam mengenjot partisipasi pemilih di setiap pemilihan mendatang.

“Ini menjadi bahan evaluasi kedepan kami. Mudah-mudahan dengan upaya sosialisasi ini, partisipasi masyarakat dalam pemilihan dapat lebih meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talagasari, Aludin mengaku, bahwa tak dipungkiri masih perlunya membangun kesadaran masyarakat di wilayahnya dalam menggunakan hak pilih saat Pemilu dan Pemilihan lainnya.

Selain itu, Aludin menilai masih adanya permasalahan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sedikit banyak dapat mempengaruhi persentase partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Memang fenomena di desa kami ini persentase pemilihnya masih terbilang belum maksimal. Tapi mudah-mudahan saja dengan terus diberikan sosialisasi, masyarakat dapat lebih tergugah,” ujarnya.

Selain Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Hilman Wahyudi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ridwan Abdullah, Kepala Bidang Poldagri Bakesbangpol Cianjur, Herly Permana, Sekretaris Kecamatan Sindangbarang Lilis Hasanah, serta Kepala Desa Talagasari. (dan)