Ridwan Kamil: Saya Bersaksi Almarhum Orang Baik

RADARCIANJUR.com – Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia, Jumat (10/12/2021) dan langsung disholatkan di Pendopo Kota Bandung.

Jenazah Oded M Danial langsung disholatkan ratusan jamaah yang sudah menanti di rumah duka.

Hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla.

Oded M. Danial meninggal dunia saat akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Bandung.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, sangat kehilangan Oded M Danial.

Sebagaimana diketahui, Ridwan Kamil dan Oded keduanya sempat menjadi orang nomor satu di Kota Bandung sebagai pasangan wali kota dan wakil wali kota.

“Saya sangat berduka cita mendalam, mewakili khususnya masyarakat Kota Bandung, kehilangan wali kota tercintanya. Saya mendengar almarhum wafat dalam keadaan sangat mulia, di hari Jumat menjelang sholat Jumat, hari dan cara terbaik berpulang menurut syariat,” ungkap Ridwan Kamil.

“Saya 5 tahun bersama sebagai sahabat menyaksikan kebaikan kesalehan almarhum dan sangat sangat kehilangan, dan saya meyakini insya Allah husnul khatimah, dan keluarga umi dan anak-anak semua semoga diberi kesabaran dan kekuatan,” imbuhnya.

Ridwan Kamil mengutarakan, Oded kerap memberi nasihat. Tidak hanya terhadapnya tapi juga masyarakat Kota Bandung, layaknya seperti orang tua yang mengajak anaknya atau orang lebih muda untuk berbuat baik selama hidup.

“Jadi 90 persen kebersamaan. Nasihat-nasihat, makanya Allah berikan kelancaran, saya gubernur, beliau wali kota, dua-duanya saling mendukung dan menghormati,“ tuturnya.

Jenazah Oded M. Danial akan dimakamkan di kampung halamannya di Tasikmalaya.

Menurut Ridwan Kamil, Oded merupakan sosok sahabat, ayah, kakek, dan wali kota yang baik.

“Atas nama Provinsi Jawa Barat, warga Jawa Barat, khususnya warga Kota Bandung kita sangat kehilangan atas berpulangnya almarhum. Saya bersaksi almarhum adalah orang yang baik, saleh, dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Ia berdoa semoga sholat jenazah ini bisa mengiringi almarhum ke liang kubur dan diampuni semua dosanya, diterima ibadahnya.

“Semoga keluarga diberikan kekuatan, ketabahan dalam menghadapi ujian kehidupan. Mudah-mudahan semua urusan diberi kemudahan dan dilancarkan karena almarhum akan dimakamkan di kampung halaman, Tasikmalaya,” ujarnya. (mur/ysf)