ASN Tak Turuti Atasan, Sanksi Ringan Hingga Copot Jabatan Diberlakukan

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

RADARCIANJUR.com – Himbau turuti perintah atasan, sanksi ringan hingga berat akan diterima ASN Kabupaten Cianjur jika melanggar

Hal tersebut di sampaikan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur agar para staff harus menuruti segala perintah atasan dalam hal kinerja.

Kepala BKPPD Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar berharap agar ASN di Kabupaten Cianjur harus berjalan pada setiap tugas pokok dan fungsinya.

“Saya berharap ASN itu harus menjadi contoh bagi warga, bagi masyarakat. Kalau punya kelakuan kelakuan di luar jalur, saya kira sangat disayangkan,” katanya kepada wartawan, Minggu (19/12/2021) melalui sambungan telepon.

Dadan mengungkapkan, untuk menjadi ASN sangatlah sulit. Ia pun mencontohkan dari 1.500 pendaftar hanya ada 74 orang yang lolos jadi ASN di Kabupaten Cianjur.

Ia pun menjelaskan, seorang ASN harus royal dan berdedikasi di setiap instansi yang ditempati serta harus memiliki peran melayani masyarakat.

” Artinya tidak melawan, patuh, nurut. Kalau misalnya ini staf ada kasi, Kabid, ini pasti tidak akan memerintah yang tidak benar,” ungkapnya.

Namun, ASN wajib menuruti perintah atasan jika arahan atau tugas yang diberikan sesuai.

“jika atasan memerintah yang tidak benar maka jangan diikuti, tapi kalau memerintah yang bener, kemudian ASN melawan, menggerutu saat diberikan tugas yang berat jalani saja,” paparnya.

Ia pun menyesalkan jika ada oknum ASN yang semaunya dalam bekerja.

“Jadi saya sangat kecewa kalau ada ASN yang mangkir dari kantor dan mangkir dari tugas,” ungkapnya.

Dadan menegaskan, akan ada sanksi bagi ASN yang melanggar peraturan.

“Jika ada ASN yang tidak nurut, maka ada sanksi yang menanti seperti sanksi ringan hingga ringan seperti peringatan tertulis dan tidak naik pangkat serta tidak dikeluarkan gaji berkala dan untuk sanksi berat berat dapat dicopot dari jabatan,” terangnya.

Kadis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cianjur Euis Jamilah mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan himbauan dari BKPPD terkait ASN harus patuh pada atasan.

“Kami setuju imbauan dari Kepala BKPPD seperti itu sebagai seorang staf harus menuruti perintah atasan dalam hal kinerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya (byu).