Kantor ATR/BPN Cianjur di Geruduk Massa

Masyarakat melakukan aksi demo di dpean kantor ATR /BPN Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Kejadian luar biasa terjadi paska sepuluh hari pensiunnya Kepala Badan Pertanahan Negara ATR/BPN Cianjur dengan aksi geruduk yang dilakukan sejumlah masyarakat.

Pasalnya aksi puluhan massa yang baru terjadi semenjak kantor ATR/BPN Cianjur berdiri ini dilakukan massa mengatasnamakan masyarakat Cianjur dengan meminta tuntutan dan keluhan pelayanan serta meminta untuk dipertemukan dengan Kepala ATR/ BPN Cianjur.

Tuntutan dan keluhan tersebut yakni sulitnya masyarakat dalam membuat sertifikat tanah (PTSL) dan pelayanan ATR/BPN yang tidak baik kepada masyarakat khususnya warga yang berkategorikan tidak mampu.

Pantauan Radar Cianjur, massa tersebut diterima ATR/BPN dengan melakukan audensi hingga sidak pelayanan yang dilakukan pemimpin aksi.

Fan-fan Nugraha koordinator aksi sekaligus pengacara kantor hukum Fans and Partners Law Firm mengatakan, aksi yang dilakukan sebagai buntut banyaknya keluhan masyarakat terkait sulitnya mendapatkan sertifikat tanah (PTSL).

“Aksi ini saya lakukan sebagai perwakilan masyarakat Cianjur, banyak masyarakat yang mengadu ke kantor saya, minta di fasilitasi dan sebagainya,” katanya kepada Wartawan, Kamis (23/13/2021) di kantor ATR/BPN di jalan Raya Bandung-Cianjur.

Selain itu Fan-fan menyoroti banyaknya berkas pengajuan sertifikasi tanah masyarakat yang belum ditandatangani oleh kantor ATR/BPN Cianjur.

“Di saat masyarakat mempunyai hak tanahnya harus bersertifikat, ternyata di sini ribuan berkas tidak di tandatangani oleh kepala kantor,” ujarnya.

Menurutnya, terhitung ia telah mendatangi kantor ART/BPN selama dua kali dengan cara yang berbeda.

” Saya datang ke sini sudah dua kali, pertama dengan membawa surat, dan ke dua hari ini danegan aksi yang berbeda. Hari ini klimaksnya dalam menyampaikan aspirasi dan keluhan masyarakat selama ini,” paparnya.

Sementara itu Kepala seksi bidang penataan dan pemberdayaan ATR/BPN Kab cianjur Arra Komara Sujana Cianjur, meminta maaf atas ketikhadiran Kepala ART/BPN Cianjur karena tengah melakukan kunjungan kerja ke Kota Sukabumi.

“Saya sampaikan permohonan maaf karena kepala kantor ATR/BPN (Antonia Tarigan) tidak dapat hadir karena dalam rangka kunjungan penerimaan DIPA anggaran Tahun 2022,” ungkapnnya.

Ara menyampaikan, pihaknya menghargai keluhan masyarakat terhadap kinerja kantornya dalam hal pelayanan masyarakat .

“Ini banyak sekali masukan yang baru saya dengar maupun sebelumnya tersampaikan. Ini adalah sebuah koreksi untuk perbaikan kantor kami dan akan kami sampaikan kepada atasan saya,” kata Ara.

Ara berujar ke depannya perbaikan pelayanan akan lebih ditingkatkan untuk masyarakat Kabupaten Cianjur khususnya di bidang pembuatan sertifikat tanah.

“Demi masyarakat Cianjur bisa menikmati, khususnya bidang pertahanan sesuai dengan harapan. Karena saya yakin sertifikat tanah ada hal yang sangat penting entah itu untuk perbankan dan lainnya selain legalitas hukum terhadap pemilik,” pungkasnya (byu).