Cianjur Tak Ada Penutupan, Hanya Pengalihan Arus Lalin

Sejumlah pengendara di kawasan Jalur Puncak Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Malam pergantian tahun pada tanggal 31 Desember 2021 mendatang, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur sudah menyediakan rangkaian strategi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Kabupaten Cianjur. Rencananya, pihak Satlantas Polres Cianjur akan melakukan pengalihan arus ke Sukabumi dan Jonggol.

Namun, pemberlakuan tersebut dilakukan secara situasional jika kapasitas kendaraan yang melintas sudah mencapai 75 persen. Jika masih di bawah 75 persen, pengaturan lalulintas hanya penguraian.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan, pihaknya tidak memberlakukan penutupan, hanya melakukan pengalihan arus lalulintas saja. Selain itu, di jalanan dalam kota pun tidak ada penutupan.

“Tidak ada penutupan, hanya pengalihan arus yang akan menuju Bogor dialihkan ke Sukabumi atau Jonggol. Pemberlakuan tersebut saat kondisi lalulintas atau kepadatan mencapai 75 persen,” ujarnya.

Lanjut Anom, pemberlakuan pengalihan arus tersebut dilakukan pada pukul 18.00-21.00 WIB. Selain itu, kendaraan dengan sumbu tiga, sudah dilarang melintas sejak waktu yang ditentukan tersebut.

Untuk penguraian lainnya, pihak Satlantas Polres Cianjur akan melakukan sistem Ganjil Genap atau Gage yang dijaga di Tugu Bundaran Lampu Gentur tepatnya di Pos TMC Polres Cianjur.

“Pemberlakuan sistem Ganjil Genap itu pun situasional, jadi jika kepadatan arus lalulintas sudah mulai terlihat, kita berlakukan untuk kendaraan yang akan menuju Puncak atau Bogor,” tuturnya.

Namun, bagi kendaraan logistik, tanki SPBU, ambulan, damkar dan pengangkut bahan makanan masih diperkenankan untuk melintas. Sementara kendaraan lainnya di luar pengecualian tetap harus mengikuti aturan yang sudah diberlakukan.

“Ada beberapa kendaraan yang masih bisa melintas, contohnya seperti ambulan, tanki pengangkut SPBU atau bahan bakar, logistik, damkar dan pengangkut bahan makanan,” tututpnya. (kim)