Awal Tahun Baru, Ribuan Warga Padati Objek Wisata di Puncak Cipanas

Sejumlah wisatawan yang berasal dari berbagai daerah tampak memadati Jalur Puncak Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Momentum libur panjang tahun baru 2022 dimanfaatkan sebagian warga untuk berwisata bersama keluarga ke sejumlah tempat.

Seperti yang terpantau Sabtu (01/01/2022), beberapa objek wisata di Puncak Cianjur dipadati ribuan wisatawan lokal maupun luar Cianjur.

Salah seorang wisatawan asal Bekasi, Andi (46) mengaku, sengaja liburan ke kawasan wisata Puncak Cipanas Cianjur pada awal tahun, karena sebelumnya sempat ramai kabar ada larangan merayakan pergantian tahun baru.

“Memang sengaja pergi di tanggal 1 ini. Karena kalau pergi dari malam, katanya ada larangan merayakan tahun baru. Jadi saya pergi liburannya hari ini, Sabtu (1/12),” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, liburan bersama keluarganya itu mulai bertolak dari Bekasi sejak pagi. Setelah tiba di Cianjur, ia langsung menuju ke sejumlah tempat menarik termasuk ke kawasan wisata di Ciloto, Cipanas.

“Pergi itu sejak pagi. Setelah tiba di wilayah Cianjur saya langsung ke Mall baru, kemudian ke Cibodas, terus ke wilayah Cimacan, dan Cipanas,” paparnya.

Di sisi lain, Manager Marketing Wisata Sevillage, yang berada di Ciloto, Cipanas, Cianjur, Adi mengaku, tingkat kunjungan wisatawan yang datang pada awal tahun ini cukup lumayan banyak. Namun, pihaknya tetap menerapkan pembatasan jumlah tersebut sesuai arahan dari pemerintah.

“Biasanya tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Apalagi pada malam tahun baru, karena kita batasi. Tapi awal tahun 2022 ini, wisatawan cukup banyak sejak pagi sampai siang. Kalau berdasarkan data, ada sekitar seribu wisatawan yang datang,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, arus lalu lintas dari arah Bogor menuju kawasan wisata Puncak Cipanas Kabupaten Cianjur terlihat padat merayap.

Kendaraan berpelat Jakarta Bogor dan sekitarnya pun terlihat mendominasi untuk menuju ke kawasan wisata alam maupun kuliner di wilayah Puncak Cipanas. Seperti Sevillage, rumah makan Bumi Aki, Villa Kota Bunga, Taman Bunga Nusantara dan wisata di Cibodas.

Sebaliknya, dari arah Cianjur menuju, arus lalu lintas tersendat selepas kawasan Pasar Cipanas hingga pertigaan Cibodas.

Sedangkan dari Pacet hingga Pasar Cipanas, arus kendaraan mobil maupun motor terpantau lancar dan ramai. Petugas dari Polres Cianjur pun terlihat mengatur lalu lintas di sejumlah titik rawan kepadatan supaya tidak ada kemacetan total.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan, anggotanya sudah siap di lapangan sejak kemarin (Jumat) untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

“Sudah kita antisipasi, anggota kami sedang mengatur lalu lintas di sejumlah titik agar tidak terjadi kemacetan,” singkatnya. (dan)