Horeee, Alun-Alun Cianjur Dibuka Lagi

Alun-alun Cianjur tampak ramai sebelum pandemi Covid-19. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Alun-Alun Kabupaten Cianjur dambaan masyarakat Kota Santri dan juga jadi destinasi wisatawan luar Cianjur hampir dua tahun ‘terisolir’ dari kunjungan pasca pandemi melanda seluruh negeri dan juga dunia. Hingga akhirnya, pada hari Selasa (11/1) akan kembali dibuka.

Tak sedikit masyarakat yang tentunya bahagia mendengar kabar akan dibukanya Alun-Alun Cianjur yang sempat diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo tersebut.

Muhamad Afsal Fauzan (21) warga Desa Nagrak Kecamatan Cianjur merasa bahagia dengan pembukaan tersebut. Pasalnya, dengan dibukanya alun-alun bisa menjadi salah satu tempat hiburan rakyat saat kejenuhan yang cukup lama.

“Tentunya dengan dibuka alun-alun ini saya sebagai salah satu masyarakat Cianjur sangat menyambut baik, sekian lama ditutup akhirnya kembali dibuka,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya pun mengimbau kepada pengunjung khususnya dari luar Cianjur agar mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah mengenai protokol kesehatan (prokes).

Sama halnya yang dirasakan oleh Asty Ardiani (32) salah satu wisatawan asal Kabupaten Sukabumi yang sebelumnya pernah mengunjungi Alun-Alun Cianjur.

“Mendapat informasi Alun-Alun Cianjur dibuka kembali tentunya sangat tertarik untuk datang ke sana, ini kabar baik. Meskipun jauh, tapi itung-itung liburan bersama keluarga yang murah meriah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pembukaan ini tetap akan dibatasi, sehingga tidak semua bisa masuk.

“Dibatasi pengunjung 50 persen dan di dalam juga paling lama hanya dua jam tidak bisa lama-lama,” ujarnya.

Lanut orang nomor satu di Kabupaten Cianjur ini menambahkan, di setiap pintu masuk, nantinya pengunjung wajib melakukan pemindaian aplikasi PeduliLindungi yang sudah disediakan.

Selain itu, masyarakat pun minimal sudah menerima dosis kedua vaksinasi. Untuk dosis pertama tidak diperkenankan, tapi pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah menyediakan posko vaksinasi.

“Sekarang minimal dosis kedua, jadi nanti bisa divaksin di area Alun-Alun Cianjur kalau belum dosis kedua,” tuturnya.

Beberapa aturan yang wajib dipatuhi pengunjung selama di area Alun-Alun Cianjur yakni tidak diperkenankan membawa makanan minuman, membuang sampah sembarangan, meroko di area alun-alun, mencorat-coret bahkan merusak dilarang, dilarang menginjang rumput serta tanaman di area alun-alun dan ketika memasuki waktu sholat pengunjung menghentikan aktifitas terlebih dahulu di area alun-alun. (kim)