APBBC Ingin Tukang Bangunan Cianjur Miliki Sertifikasi Keahlian

Pertemuan Asosiasi Pengusaha Bahan Bangunan Cianjur (APBBC) bersama Bupati Cianjur H.Herman Suherman.

RADARCIANJUR.com- Asosiasi Pengusaha Bahan Bangunan Cianjur (APBBC) meminta Pemkab Cianjur mengadakan pelatihan kuli bangunan sehingga mendapatkan sertifikasi keahlian.

Kelompok para pengusaha yang tergabung di organisasi APBBC melakukan soan ke Bupati Cianjur dan melakukan penandatanganan prasasti bentuk kerjasama bertempat di balai Pendopo Cianjur, Rabu (12/01/2022).

Ketua APBBC Yandi mengatakan, pihaknya ingin tukang bangunan di Kabupaten Cianjur memiliki keterampilan lebih baik sehingga menjadi spesialis di masing-masing bidang pengerjaan konstruksi bangunan.

“Untuk tukang bangunan kita akan keluarkan minta bantu sertifikasi spesialisis tukang bangunan seperti spesialis pemasangan keramik, tukang pasang baja, pasang besi pagar. Nanti di sertifikat tersebut akan kita cantumkan sebagai spesialis buruh bangunan,” katanya

Saat ini Yandi mencatat, telah ada 120 tukang bangunan yang akan diikut sertakan pada pelatihan dengan proses pengajuan kepada Dinas Diskoperindagin dan Disnakertrans Cianjur.

“Kita sudah mendata kurang lebih ada 120 tukang bangunan dan kita akan mengajukan kepada instansi terkait, Nantinya pelatihan khusus akan didampingi supleyer kami,” ujarnya.

Dengan adanya pelatihan sertifikasi bagi para tukang bangunan lanjut Yandi, agar kualitas dalam pekerjaannya mampu tertangani dengan baik.

“Kualitas bangunan akan sangat berdampak karena yang kita lihat spesialis-spesialis bangunan agak kurang diperhatikan sehingga kualitas bangunan banyak yang di komplen maupun pekerjaan proyek pemda maupun individu,” pungkasnya (byu).