Gila! Harga Daging Ayam di Pasar Tembus Rp40 Ribu

Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Cipanas, Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Meski tak ada momentum hari besar atau perayaan lainnya, harga daging ayam potong jenis broiler di pasar rakyat Cipanas kembali melejit. Bahkan per hari ini, Rabu (12/1/2022), menembus angka Rp 40 ribu perkilogram.

Padahal sebelumnya, menurut data yang diperoleh dari UPTD Pasar rakyat Cipanas, harga jual ayam potong tersebut rata-rata berkisar Rp 37 hingga Rp 38 ribu perkilo. Namun saat ini naik Rp 2 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilo.

Salah seorang pedagang daging ayam potong yang sekaligus Sekjen Asosiasi Pedagang Daging Domba, Ayam dan Sapi (APDDAS) Kabupaten Cianjur, Rudi Lazuardi mengaku bahwa kenaikan harga daging ayam potong di pasar ini telah menembus angka Rp 40 ribu perkilogram.

Padahal menurutnya saat ini, bukanlah momentum yang sering terjadinya kenaikan harga sembako khususnya jenis daging.

“Betul kang ini di luar dugaan dan di luar momen juga. Mungkin karena harga pakan yang tinggi dan stok ayam yang kurang, sehingga harganya melebihi dari yang pernah tinggi,” kata Rudi kepada Radar Cianjur, Rabu (12/1/2022).

Gilanya harga daging ayam khususnya di Pasar Cipanas ini, kata Rudi, baru terjadi di tahun ini. Padahal empat tahun lalu, sempat cukup mahal yakni diharga Rp 38 ribu perkilo, tapi saat ini bisa menembus angka Rp 40 ribu.

“Kemarin pun saat momen idul Fitri atau Adha, dan terakhir pada saat perayaan Nataru itu paling diangka Rp 35 hingga Rp 36 ribu. Tapi sekarang bisa mencapai Rp 40 ribu,” ujarnya.

Tentu dengan kondisi tersebut pihaknya berharap, pemerintah dapat segera mengatasi adanya kenaikan harga daging ayam itu. Sehingga tidak merugikan semua pihak terutama pembeli dan pedagang. Karena imbas dari hal itu akan berefek domino.

“Kami khawatirkan para konsumen tidak akan kuat dengan kondisi harga yang begitu mahal. Maka perlu adanya penanganan dari sejumlah pihak terutama pemerintah. Sehingga harga daging ayam kembali normal,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Agus Mulyana mengatakan, harga daging ayam potong jenis broiler di pasaran, masih diangka Rp 36 ribu perkilogram. Bahkan secara rata-rata pasar rakyat di Cianjur itu, cenderung turun.

“Kalau berdasarkan data yang kami terima dari pasar-pasar yang ada di Cianjur itu, harga daging ayam justru turun. Kemarin saat momen Nataru bisa dijual Rp 38 ribu, tapi saat ini menjadi Rp 36 ribu perkilo,” kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu (12/1).

Namun, jika memang di Pasar Cipanas saat ini harga daging ayam potong menembus Rp 40 ribu perkilogram, pihaknya akan segera berkoordinasi dan melakukan upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok tersebut kembali normal.

“Setelah berkoordinasi ternyata untuk pasar Cipanas itu rata-rata mengambil ayam potongnya di luar Jawa barat, maka pantas, jika harganya itu sekarang naik. Karena mungkin biaya sebagainya cukup tinggi,” kata dia. (dan)