Perlu Perhatian, Bangunan SD di Cugenang Memprihatinkan

Kondisi SDN 2 Sukamanah Kecamatan Cugenang tampak rusak di beberapa sudut bangunan. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Kondisi bangunan SD Negeri 2 Sukamanah Kecamatan Cugenang sangat memprihatinkan. Beberapa ruang kelas tampak rusak, pelapon atas bangunan pun sudah tak layak, bahkan tembok penahan tanah (TPT) dan pagar di lingkungan sekolah pun ambruk.

Berdasarkan informasi yang diterima, Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berlokasi di Kampung Rasyid, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Cianjur inipun terlihat ruang kelasnya masih kurang, bahkan kantor sekolah pun tak ada.

Kepala SDN Sukamanah 2, Henhen Rohaela mengaku, bahwa pihaknya sejak beberapa tahun lalu telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dinas terkait.

Namun menurutnya, bantuan dari pemerintah pun tentunya harus memerlukan waktu yang cukup lama. Sementara kondisi cuaca saat ini kurang begitu baik dan sering terjadi hujan, sehingga TPT dan pagar sekolah menjadi ambruk.

“Ya, bisa jadi karena bangunan ini sudah cukup tua, sehingga dikala hujan terus, tembok dan pagar ambruk,” kata dia kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Meski telah berkoordinasi dengan pemerintah melalui dinas terkait, namun ia mengaku hingga saat ini belum ada realisasi pembangunan di sekolah ini.

“Laporan atau koordinasi sudah kami lakukan, tapi memang belum ada realisasi,” ujarnya.

Bahkan, ia mengungkapkan, pada 2017 silam, sejumlah pihak telah melakukan survei ke sekolah tersebut. Termasuk melihat atap atau pelaponnya yang diibaratkan cukup rendah setinggi alis.

Namun, lanjutnya, setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, kondisinya saat ini terbilang sudah lumayan tidak seperti dulu.

Meskipun, kata dia, beberapa bangunan di lingkungan sekolah ini masih belum begitu sesuai harapan.

“Berkat koordinasi tersebut, Alhamdulillah saat ini terbilang sudah bisa dipakai Walaupun untuk bangunan lain belum maksimal,” kata dia.

Dengan kondisi tersebut, tentu ia sangat berharap, adanya bantuan dan support dari sejumlah pihak termasuk para donatur lain di luar dari pemerintahan.

“Tujuan kami adalah merasa nyaman saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas yang layak. Jadi kami mohon kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur khususnya, supaya memperhatikan SDN Sukamanah 2 ini,” pungkasnya. (dan)