Pilkades Serentak 2022, Pemkab Cianjur Hilangkan Penjabat Sementara

Pilkades

RADARCIANJUR.com- Seperti diketahui Kabupaten Cianjur akan melaksanakan hajat besar yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bagi 77 Desa secara bersamaan.

Namun Pilkades tahun ini ada yang berbeda bandingkan dengan tahun lalu, dengan tidak diberlakukannya Penjabat Sementara (PJS) untuk menggantikan Kepala Desa yang ikut kembali mencalonkan diri.

Seperti diketahui Pilkades pada tahun 2020 menggunakan ASN atau PNS untuk menjadi PJS dimasa kampanye, pemilihan, sampai terpilihnya Kades berdasarkan pemilihan yang digelar dimasing-masing wilayah Desa tersebut.

Fitri Kabid Penataan Desa dan Kerjasama dan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Cianjur, melalui pelaksana fungsional Ayi Mulyadi mengatakan, ketersediaan PNS atau ASN sangat kurang sehingga menjadi penyebab dihilangkannya PJS untuk Pilkades serentak tahun 2022.

“Khawatir apabila nanti dari PNS atau ASN menjadi PJS seperti pilkades tahun lalu akan tidak efektif karena berkaitan dengan jabatan fungsional menjadi pertimbangan Bupati Cianjur H.Herman Suherman,” katanya.

Ia menambahkan, nantinya untuk mengisi kekosongan pemerintahan Desa, Sekretaris Desa (Sekdes) akan otomatis menggantikan tugas dan fungsi Kepala Desa.

“Nanti otomatis Sekdes melaksanakan tugas sementara sampai adanya Kades sesuai hasil pemilihan dan itu ada di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ungkapnya.

Direncanakan Pemkab Cianjur akan menggelar Pilkades serentak pada bulan Juli 2022.

” Untuk tanggal pastinya kita tunggu pak bupati,”singkatnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kecamatan Warungkondang Encep Mahmudin menilai aturan dengan menghilangkan PJS untuk Pilkades tahun ini tidak menjadi masalah yang berarti dalam roda pemerintahan suatu desa.

“Jika tidak ada masalah dan tidak adanya keberatan dari peserta, itu sah-sah saja,” pungkasnya. (byu)