Usai Warga Cianjur Tertular Omicorn, Pemkab Minta Tingkatkan Peran RT RW

RADARCIANJUR.com- Warga Cianjur tertular Omicorn, Pemkab minta RT RW berperan awasi warga luar daerah.

Hal tersebut untuk memperketat akses masuk warga luar daerah demi mencegah penyebaran dan penularan virus Covid 19 varian Omicron.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, kebijakan ini diambil setelah adanya seorang warga Cianjur berprofesi sebagai TKI yang terpapar varian Omicron sepulang dari  Negara Penempatan Arab Saudi.

“Tentunya kebijakan ini sifatnya mencegah agar tak ada lagi warga Cianjur yang tertular omicron,” ujarnya.

Herman menambahkan, pengawasanan tak hanya tidak hanya dilakukan di setiap tapal batas. Tetapi, pengawasannya hingga ke tingkat RT/RW.

“Kita maksimalkan pencegahan, yaitu dengan memperketat akses masuk di setiap tapal batas. Termasuk pelibatan para ketua RT/RW dalam melakukan pengawasan setiap warga luar daerah yang berkunjung ke lingkungan mereka,” paparnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengungkapkan jajarannya terus melakukan pemantauan terhadap kondisi warga Cianjur yang terpapar Omicron dan kini tengah menjalani karantina dan isolasi di Wisma Atlet, Jakarta.

“Untuk kondisi pastinya belum diketahui, karena tidak di rawat di Cianjur. Namun, kita terus mencoba memantau berkoordinasi dengan pusat,” kata Yusman.

Pihaknya juga belum melakukan penelusuran ke keluarga pasien. Karena dipastikan belum terjadi kontak erat.

“Pasien yang terkonfirmasi Omicrom tersebut akan menjalani masa karantina selama 14 hari. Apabila memang masih ada gejala bisa lebih dari 14 hari. Kita akan terus memantau warga pasien tersebut,” ujarnya

Sebelumnya, seorang warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid 19 varian Omicron.

Diketahui warga asal Kecamatan Karangtengah itu terkonfirmasi positif usai menjalani pemeriksaan kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sepulang dari Arab Saudi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi mengatakan, seorang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Arab Saudi.

Irvan mengungkapkan, pasien tersebut saat ini tengah menjalani karantina dan isolasi di Wisma Atlet, Jakarta.

“Betul, ada satu orang warga Cianjur yang positif Omicron. Warga tersebut merupakan TKI yang pulang dari Arab Saudi dan kini tengah menjalani karantina dan isolasi di Jakarta,” kata Irvan.(byu)