Apdesi Cianjur Resmi Dikukuhkan

Para pengurus Apdesi tengah foto bersama dengan Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahruddin, usai pengukuhan di Zuri Hotel. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur periode 2021-2026 resmi dikukuhkan, di Ballroom Hotel Zuri Cipanas, Rabu (26/1/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahruddin, sejumlah anggota dewan baik DPRD Cianjur, dan Jawa barat, serta beberapa anggota lainnya, termasuk para undangan yang tampak menghadiri acara sakral tersebut.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus Apdesi periode 2022-2027 di Kabupaten Cianjur yang telah dilantik oleh struktur horizontal di atasnya yakni DPD provinsi Jawa barat,” kata Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahruddin, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, dengan segudang pengalaman di organisasi yang telah ada, para pengurus Apdesi saat ini, TB sama sekali tak meragukan kapasitas dan kemampuan untuk memajukan dan membangun desa-desa di kota Tatar Santri ini lebih baik lagi.

“Saya optimis akan akselerasi para pengurus Apdesi ini dalam membangun desa dan Kabupaten Cianjur secara bersama-sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, TB menilai, bahwa desa yang maju, tentu secara otomatis akan membuat Kabupaten Cianjur juga maju. Meskipun masih ada desa yang nilai indeksnya cukup rendah, tetapi Pemkab pun tentu akan sama-sama memajukan hal tersebut.

“Akan tahu indeks desa itu rendah atau tidak tentunya lebih cepat diketahui oleh pimpinan desa itu sendiri. Karena kondisi masyarakat itu akan lebih dekat kepada para pemimpin terdekatnya yakni kepala desa,” kata dia.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur, Beni Irawan mengatakan, apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Cianjur dalam hal ini Bupati dan Wabup yang telah mendukung Apdesi dan desa-desa di Kabupaten Cianjur.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati yang telah mendampingi kami dari pagi untuk prosesi pelantikan ini,” kata Beni.

Dengan kepengurusan saat ini, dirinya berharap seluruh desa-desa yang ada di Kabupaten Cianjur ini bisa maju memikirkan dan bersinergi dengan pemerintah diatasnya. Sehingga seluruh harapan warga dan pembangunan di desa tersebut termasuk bisa terealisasikan secara maksimal.

“Antara pemerintah daerah dan pemerintah desa jangan sampai terjadi tumpang tindih. Makanya tidak ada alasan para kepala desa untuk tidak bersinergi dengan pemerintah daerah. Hal itu demi kemajuan desa serta masyarakat di wilayahnya,” tutur Beni.

Bahkan ia juga menyinggung kaitan keharmonisan antara Apdesi dan Pemkab Cianjur. Menurutnya, Apdesi tentu akan sangat bersinergi dengan pemerintah daerah demi kemajuan Cianjur.

“Kita ini bukan membicarakan untuk masalah politik, tapi bagaimana Cianjur kedepan bisa lebih maju,” tandasnya. (dan)