Cianjur Masuk PPKM Level 1, Bupati: Prokes Harus Terus Ketat

Bupati Cianjur H.Herman Suherman. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau kepada masyarakat semua untuk tidak terlalu berlebihan bahkan terlena, menyusul Kota Tatar Santri ini turun level PPKM ke status aman atau level 1.

“Saya meminta warga Cianjur untuk terus menerapkan Prokes dan aturan yang bersama di masa pandemi. Jangan sampai kita terlena meskipun Kabupaten Cianjur masuk level 1 PPKM,” kata Bupati kepada wartawan, Rabu (6/4/2022).

Keberadaan status level 1 PPKM di Cianjur ini bisa dilihat berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022, PPKM diperpanjang menjadi 5-18 April 2022, sedangkan untuk Cianjur, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menetapkan PPKM dari Level 2 ke Level 1, setelah dua bulan bertahan di level 2.

“Intinya kami berharap warga tidak berlebihan dalam menyikapi PPKM level 1 yang diraih Cianjur, karena hingga saat ini pemerintah belum mencabut status pandemi di Indonesia,” kata Herman.

Tak hanya itu, Herman menyebut, status level 1 PPKM di Cianjur ini pun bisa terlihat dari tingkat keterisian ruang isolasi terpusat di rumah sakit atau tempat khusus yang sudah nol kasus.

“Meski keadaan saat ini sudah tampak jauh lebih baik, namun kita tetap harus menjalankan masa peralihan dari pandemi ke endemi sesuai apa yang diterapkan pemerintah pusat,” kata Herman.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menekan laju penularan Covid meski saat ini kabupaten Cianjur masuk ke level 1.

“Kami pun akan terus meningkatkan persentase vaksinasi di Cianjur dengan target 100 persen dari 1,9 juta penerima di akhir bulan April ini,” sambungnya.

Hingga saat ini yang akan terus digenjot yakni, vaksinasi dosis kedua dan ketiga. Bahkan pihaknya akan memusatkan kegiatan vaksin itu di masing-masing pusat pelayanan kesehatan yang ada.

“Meski di bulan Ramadhan ini kita akan tetap memberikan pelayanan vaksinasi, bahkan pada malam hari dan hari libur pun kita siap sedia yang dilakukan bersama Forkopimda Cianjur,” tandasnya. (dan)