Dua Remaja Geber Motor di Masjid Al Furqon Diamankan Polres Cianjur

Barang bukti motor yang digunakan kedua pelaku. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Dua pelaku pemotor berboncengan pada Hari Raya Idul Fitri sembari menggeber-geber knalpot bising di Jalan Prof Moch Yamin, tepatnya di depan Masjid Al Furqon terekam kamera pengawas CCTV pada Senin, (02/05/2022) berhasil ditangkap Polres Cianjur di kediamannya masing-masing.

Namun para pelaku yang sempat membuat heboh jagat maya ini tak dilakukan hukuman kurungan penjara karena masih berada dibawah umur dan masing-masing berusia 17 tahun dan 15 tahun

Saat ini para pelaku telah dikembalikan kepada orangtuanya setelah adanya perjanjian antara Dewan Kehormatan Masjid (DKM) Masjid Al Furqon dengan orangtua kedua pelaku.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan berdasarkan, Restorative justice para pelaku dilakukan pembinaan dan dibebaskan.

“Jadi para pelaku ini masih dibawah umur sehingga tidak dilakukan penahanan, hanya bersifat pembinaan,” katanya, kamis (05/05/2022) di mapolres Cianjur.

AKBP Doni Hermawan menambahkan, berdasarkan keterangan, kedua orang pelaku hanya memprovokasi seseorang dan tidak bermaksud untuk menganggu ketertiban dan kenyamanan pelaksanaan shalat ied.

“Jadi tidak kami kenakan pasal 172 dan Pasal 503 KUHP menganggu ketertiban umum. Seharusnya mendapatkan hukuman kurungan 1 minggu penjara,” ujarnya.

Polres Cianjur berhasil mengamankan satu unit kendaraan bermotor dan pakaian yang digunakan saat menjalankan aksinya.

“Kami amankan satu unit kendaraan bermotor, knalpot racing dan pakaian pelaku,” ungkapnya.

Doni pun belum dapat memastikan status kedua pelaku tersebut merupakan anggota geng motor.

“Untuk kedua pelaku kami belum dapat memastikan dan belum mengarah ke sana,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al Furqon Ustadz Agung Rijaludin mengatakan, permasalahan dengan kedua pelaku telah selesai.

“Sudah selesai, dan telah ada itikad baik dari kedua orangtua pelaku,” tandasnya (byu).