Arus Balik Belum Usai, 454.928 Kendaraan Tinggalkan Cianjur

LANCAR JAYA: Petugas Dishub Kabupaten Cianjur bersama petugas gabungan tengah mengatur dan mengawasi lalu lintas di titik perbatasan Puncak-Bogor.

RADARCIANJUR.com – Ribuan pemudik menggunakan berbagai jenis kendaraan keluar dari Kabupaten Cianjur pada arus balik libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022.

Puncak arus balik terbanyak terjadi pada Sabtu 07 Mei 2022 didominasi kendaraan roda dua dari dua arah Cianjur Bandung dan Cianjur Bogor.

Banyaknya masyarakat yang kembali ke perantauan di berbagai kota di Indonesia membuat Cianjur nampak sepi.

Hal tersebut terlihat dari pantauan di pos TMC menggunakan rekaman CCTV diberbagai titik arus lalu lintas.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Muhammad Iqbal mengatakan, pemudik di arus balik menggunakan kendaraan terbanyak melewati jalur Cianjur Bogor dibandingkan dengan jalur Cianjur Bandung dengan total mencapai 454.928 kendaraan dalam sepekan. “Total sebanyak 239.088 kendaraan melewati Jalur Cipanas Puncak sebagai akses jalan Cianjur menuju Bogor, Jakarta dan kota-kota lainnya. Sedangkan untuk kendaraan yang melewati jalur Haurwangi dan Rajamandala atau Jalur Bandung berjumlah 215.920,” ujarnya, Senin (09/05).

Iqblk menambahkan, untuk pengaturan lalu lintas arus balik masih dilakukan seperti hari-hari biasanya. “Sesuai jadwal seperti biasanya, karena masih H+6 setelah lebaran. Jadi pengaturan lalulintas dan PAM lebaran tetap masih dilaksanakan di setiap posko,” tuturnya.

Selain itu tak ada pengalihan arus lalu lintas ke arah Jonggol mengingat terpantau ribuan terkendali. “Tak ada pengalihan arus lalu lintas arah Cianjur Bogor melewati Cipanas karena kondisinya normal,” ungkapnya.

Ujang Kusmara (35), warga Warungkondang, salah satu pengendara sepeda motor pada arus balik lebaran mengatakan akan menuju Tangerang melewati jalur puncak. “Alhamdulillah, lancar tak terlalu macet. Saya mau kembali dagang di Pasar Tangerang,” tandasnya (byu).