Bupati Cianjur : Ketua PCNU Harus Netral

Bupati Cianjur saat menerima panitia Konfercab PC NU ke 18 di Pendopo Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Bupati Cianjur H Herman Suherman berharap Ketua PC NU Cianjur periode 2022-2027 harus bersikap netral berdiri diluar panggung politik.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Cianjur itu saat menerima panitia Konfercab PC NU ke 18 di Pendopo Cianjur, Jumat, (13/05/2022).

Herman Suhermana mengatakan, Ketua PC NU nanti harus bisa seperti KH Abdul Halim mantan Ketua MUI Cianjur.

Sosok ulama atau yang kerap di sapa ajengan Elim diterima oleh semua kalangan termasuk partai dan menjadi penyejuk umat Islam.

“Harus seperti Ajengan Elim. Ketua PC NU yang terpilih nanti harus bisa menjadi penyejuk umat Islam, ulama NU tugasnya berdakwah,” katanya.

Herman berharap, PC NU bisa membantu pemerintah dalam hal meluruskan ajaran-ajaran yang menyimpang.

“Pemerintah bersama Polri dan TNI, MUI akan melaksanakan pembinaan kepada masyarakat yang menyimpang dalam ajaran Islam. Nanti PC NU juga ikut melaksanakan pembinaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Konfercab PC NU Cianjur, H Ujang Shahid menerangkan, pelaksanaan Konfercab akan dilaksanakan hari Minggu dan Senin 21-22 Mei 2022 di Pondok Pesantren Al Ittihad Rawa Bango Karangtengah. Adapun hingga saat ini bakal calon ketua ada 5 orang.

“Sedangkan peserta Konfercab dari masing masing Majlis Wakil Cabang (MWC), di 32 kecamatan. Tiap MWC perwakilan 5 orang, tetapi yang memiliki hak suara 1 orang,” kata Ujang.

Pihaknya pun setuju dengan harapan Bupati Cianjur jika calon Ketua PC NU harus netral dan tidak memihak kepada partai politik.

“Salah satu syarat menjadi calon ketua PC NU harus membuat pernyataan tidak masuk di kepengurusan partai politik. Ini berarti ketua PC NU nanti bukan pengurus partai dan menjadi milik semua kalangan,” tandasnya (byu).