Gelora Ibu Kota Kabupaten Cianjur Selatan, Sindangbarang Sibuk Bersolek

Pemekaran Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kecamatan Sindangbarang tengah berbenah pasca surat edaran resmi mengenai pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Cianjur selatan yang rencana akan beribukota di kecamatan yang memiliki luas 16.705 hektare itu.

Hal tersebut setelah keluarnya surat dengan Nomor 1236 /OD 02/ DPRD strip bawah 02 /HUB 03 10 03/PEMOTDA Persetujuan Bersama DPRD Jabar Dengan Gubernur Jabar Tentang Persetujuan Daerah Persiapan Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Kabupaten Cianjur Selatan dan Kabupaten Garut Utara.

Camat Sindangbarang, Indra Sunggara mengatakan, persiapan pertama kabupaten yang nantinya beribukota di wilayah Desa Mekarlaksana dengan melakukan sosialisasi.

“Nantinya akan dijadikan pusat pemerintahan lahan milik Pemkab Cianjur kurang lebih 40 haktare. Kemudian persiapannya tentu pertama kami bersama stakeholder para kades berusaha mensosialisasikan kepada masyarakat Cianjur Selatan,” katanya.

Indra menambahkan, persiapan fisik untuk menunjang salah satu syarat menjadi DOB juha harus segera dipersiapkan. “Mempersiapkan diri secara fisik, nanti akan dibantu oleh pemerintah induk untuk infrastruktur,” ujarnya.

Kemudian sumber daya mumpuni agar nantinya masyarakat Cianjur Selatan khususnya Sindangbarang menjadi bagian dari roda pemerintahan. “Orang Sindangbarang tidak hanya menonton tetapi pelaku dalam pembangunan yang ada di Cianjur Selatan. Nanti ketika di-acc menjadi daerah otonomi baru,” ujarnya.
Saat ini Kecamatan Sindangbarang baru mempunyai 11 desa. Respon warga pun lanjut Indra sangat baik mengenai pemekaran di Cianjur selatan memang rencana ibukota di Kecamatan Sindangbarang yang kini terdiri dari 11 desa.

“Tanggapan kami termasuk dari warga masyarakat menanggapinya secara positif. Insyaallah warga siap Sindangbarang jadi ibukota,” ungkapnya.

Salah satu masyarakat Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang, Rusmana (28) menyambut baik soal kampung halamannya akan menjadi Ibukota Cianjur Selatan.

“Alhamdulillah, saya senang nantinya Kecamatan Sindangbarang bakal jadi Ibukota,” tandasnya.(byu)