May Day Tak Dihadiri Bupati, SPN Cianjur Akan Turun ke Jalan

Massa buruh SPN Cianjur mengadakan peringatan May Day. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Ratusan buruh yang tergabung di Serikat Pekerja Nasional (SPN) Cianjur menggelar peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2022 di Gedung GGM, Jum’at (14/05/2022).

Kegiatan tersebut untuk mengenang perjuangan buruh di seluruh dunia yang umum diperingati pada tanggal 01 Mei.

Peringatan May Day tahun ini pun dirasa sangat berbeda karena para buruh tak turun ke jalan menyuarakan aspirasinya sehingga dikemas dalam bentuk kegiatan musyawarah, donor darah dan bakti sosial kepada anak yatim serta jompo.

Ketua SPN Cianjur Hendra Malik mengatakan, pihaknya tetap memperjuangkan tuntutan berupa jaminan sosial untuk masyarakat khususnya kaum buruh kepada Pemkab Cianjur.

“Tidak lantas menghilangkan arti atau makna perjuangan dari May Day ini. Kami tetap menggaungkan perjuangan yaitu tuntutan resolusi SPN. Yang mana resolusi SPN itu di dalamnya adalah jaminan sosial semesta sepanjang hayat,” katanya.

Hendra menambahkan, Pemkab Cianjur wajib hukumnya melaksanakan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

“Kenapa ?, karena jelas masyarakat Kabupaten Cianjur adalah masyarakat Indonesia yang sudah merdeka. Tentunya mereka punya hak untuk merasakan dan menikmati regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk jaminan sosial,” ujarnya.

Pihaknya pun sudah menyerahkan draf peraturan bupati dan perda, pada isi draf tersebut diadopsi dari beberapa kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat.

‘Termasuk mungkin yang ada di Jakarta. Contoh Banten dan sebagainya, kota Bandung juga kami masukan terus Cimahi juga kami jadikan acuan, itu kami rangkum hingga menjadi draf untuk peraturan Bupati dan peraturan daerah di kabupaten Cianjur,” paparnya.

Ketidakhadiran Bupati Cianjur H.Herman Suherman membuat rasa kekecewaan mendalam bagi pihak SPN Cianjur dan menyatakan akan turun ke jalan.

“Ternyata Bupati Cianjur tidak hadir, mungkin mengharapkan bahwa buruh selalu turun ke jalan agar beliau mau menemui kami,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani mengatakan, pihaknya akan menyampaikan tuntutan dari SPN Cianjur kepada Bupati.

“Masalah kekecewaan karena tidak hadirnya pak Bupati tadi sudah disampaikan oleh kami dari Disnaker, bahwa pak Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini,” kata Endan.

Wakapolres Cianjur Kompol Silfia Sukma Rosa mengatakan, Polres Cianjur siap mengamankan apabila memang ada kegiatan massa buruh untuk turun ke jalan menyampaikan aspirasi.

“Yang penting kita imbau pelaksaannya berjalan dengan tertib dan aman,” tandasnya (byu).