5 Makanan Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Jerawat. Foto : Alodokter

RADARCIANJUR.com – Kebanyakan orang pasti mengalami masalah jerawat. Jerawat adalah gangguan pada kulit. Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan. Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat.

BACA JUGA : Dua Atlet Muda Cianjur Sabet Juara Tenis Meja

Selain harus rutin membersihkan wajah, pemilik wajah berminyak juga harus menghindari mengonsumsi beberapa makanan sehat agar jerawat tidak menyerang. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

Makanan cepat saji
Makanan cepat saji, seperti burger, ayam dan kentang goreng mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat olahan yang tinggi.

Jenis makanan ini bisa merangsang produksi hormon yang menyebabkan pembentukan minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat.

Makanan karbohidrat olahan
Makanan karbohidrat olahan seperti nasi putih, pasta, roti, soda dan minuman manis lainnya, rupanya bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah. Sebab, jenis makanan ini bisa meningkatkan gula darah dan kadar insulin, sehingga membuat wajah lebih rentan berjerawat.

Produk susu
Sama seperti karbohidrat olahan, susu juga bisa meningkatkan kadar insulin dan memperburuk keparahan jerawat.
Tak hanya itu, kandungan asam amino dalam susu sapi juga bisa merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak faktor pertumbuhan insulin, yang juga menjadi pemicu jerawat.

Cokelat
Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, cokelat bisa memicu munculnya jerawat dengan cara mengubah sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi cokelat bisa meningkatkan peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat.

Bubuk protein whey
Bubuk protein whey mengandung asam amino yang tinggi, yang bisa menyebabkan pembentukan jerawat. Tak hanya itu, asam amino juga bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak insulin, yang meningkatkan risiko timbulnya jerawat. (genpi)