Ridwan Kamil Beberkan Penjelasan Ilmiah Kenapa Jenazah Eril Masih Utuh

Story Ridwan Kamil. (IG Ridwan Kamil.)

RADARCIANJUR.com – Meski tenggelam selama 14 hari di Sungai Aare, sejak Kamis (26/5) lalu, jasad Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dikabarkan masih utuh. Sang ayah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan penjelasannya mengapa jasad Eril masih utuh.

Ridwan Kamil ikut memandikan jenazah Eril di Rumah Sakit Bern, Jumat (10/6) waktu setempat. Eril yang sebelumnya dikabarkan hilang terseret Sungai Aare, Swiss, ditemukan pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat.

“Di rumah sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril,” kata Ridwan Kamil yang mengunggah foto dirinya di depan RS Bern.

Meski tenggelam selama 14 hari di Sungai Aare, sejak Kamis (26/5) lalu, jasad Eril dikabarkan masih utuh. Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasad putra sulungnya itu membeku, sehingga tetap utuh.

“Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh, Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari,” ucap Emil.

Ridwan Kamil sebelumnya menyampaikan rasa syukur, jasad anak tercintanya bisa ditemukan setelah terseret arus Sungai Aare, pada Kamis (26/5) lalu. Dia memastikan, akan menunaikan hak Eril sesuai syariat Islam.

“Alhamdulillah ya Allah. Akhirnya engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis saat Eril lahir,” ujar Ridwan Kamil.

Eril yang meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare itu, berhasil ditemukan setelah pencarian intensif. Meski dua pekan tenggelam, jasad Eril dikabarkan masih utuh.

BACA JUGA : Jenazah Eril Ditemukan, Dimakamkan Hari Senin

“Masya Allah, walau sudah 14 hari jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satupun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus,” ungkap Emil.

“Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri,” sambungnya.

Meski dirundung duka, Emil beserta keluarga tetap tabah dan tak henti-hentinya bersabar, meski Eril kini telah wafat akibat tenggelam di Sungai Aare.

“Maha besar Allah, atas izinMu, selama 14 hari di Sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dan marabahaya,” papar Ridwan Kamil.

BACA JUGA : Jasad Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde

Jenazah Eril dikabarkan akan diberangkatkan ke Indonesia. Eril akan dikebumikan di tempat kelahirannya di Jawa Barat.

“Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu,” pungkas Ridwan Kamil.(jpg)